5 Kekurangan Mobil Listrik, Nomor 4 Jadi Pertimbangan Penting

Senin, 05 September 2022 - 14:51 WIB
loading...
5 Kekurangan Mobil Listrik, Nomor 4 Jadi Pertimbangan Penting
Pemerintah menghadirkan mobil listrik sebagai upaya untuk mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) dan meningkatkan ketahanan energi nasional. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Indonesia saat ini terus mempercepat perkembangan otomotif dengan menjalani peralihan dari kendaraan bermesin pembakaran internal menuju teknologi elektrifikasi atau biasa dikenal dengan sebutan mobil listrik . Pemerintah menghadirkan mobil listrik sebagai upaya untuk mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Kehadiran mobil listrik di Indonesia sendiri saat ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena menawarkan banyak keuntungan. Namun, mobil listrik juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan mobil konvensional dengan bahan bakar minyak.

Berikut 5 kekurangan mobil listrik yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadikan sebagai kendaraan pilihan Anda.

1. Lokasi Pengisian Daya Masih Jarang
Kendala penggunaan mobil listrik adalah masih kurangnya lokasi pengisian daya mobil listrik. Kondisi ini menyulitkan ketika melakukan perjalanan jauh ke berbagai tempat, walaupun sebenarnya pengguna mobil listrik juga bisa mengisi daya di tempat tinggalnya. Hanya saja untuk mengisi daya mobil listrik di tempat tinggal perlu kapasitas listrik sebesar 1.760 watt atau 2.200 VA.



2. Tidak Bisa Melakukan Perjalanan Jauh
Penting juga untuk diingat, kekurangan mobil listrik adalah tidak bisa melakukan perjalanan jauh karena mobil listrik hanya memiliki jarak tempuh sekitar 300 mil di antara pengisian daya.

3. Membutuhkan Waktu Lama untuk Pengisian Daya
Mengisi daya untuk mobil listrik membutuhkan waktu yang cukup lama dan ini bisa menjadi kendala. Untuk pengisian daya mobil listrik sampai penuh memakan waktu hingga 8 jam. Bahkan, dan bahkan stasiun pengisian cepat membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 80 persen.



4. Harga Mobil Listrik Masih Mahal
Di indonesia harga mobil listrik bisa mencapai harga Rp1 Miliar. Melihat harganya saja memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil sejenis versi mesin bensin atau diesel.

5. Penggantian Baterai Sangat Mahal
Untuk baterai mobil listrik diperkirakan harganya sekitar USD6.000 dan USD20.000 bergantung pada modelnya. Harga satu unit baterai mobil listrik ini memang bukan main-main dan harganya hampir sama dengan harga satu unit mobil.

MG/Nabillah Amanda Rahmawaty
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4295 seconds (0.1#10.140)