5 Penyebab Ban Tubles Sering Kempes, Kenali dan Waspadai!

Rabu, 07 September 2022 - 14:44 WIB
loading...
5 Penyebab Ban Tubles Sering Kempes, Kenali dan Waspadai!
Sedikitnya ada lima penyebab ban tubles sering kempes yang perlu diwaspadai. Foto DOK Speedwork
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima penyebab ban tubles sering kempes yang perlu diwaspadai. Pada perkembangannya, penggunaan ban tubles di kalangan pengendara semakin bertambah.

Adapun alasannya sendiri karena sugesti masyarakat yang menganggap bahwa ban tubles ini lebih awet dan lebih tahan bocor dari ban biasa. Maka tak heran, apabila jenis kendaraan baru kebanyakan telah menggunakan jenis ban tersebut.

Baca juga : Ini Bahaya Menggunakan Ban Vulkanisir dan Cara Bedakan dengan Ban Suntikan

Namun, meski kerap disebut lebih awet, terkadang sering terjadi kondisi ban tubles yang sering kempes. Dalam hal ini, terdapat beberapa faktor yang menyebabkannya.

Dilansir dari laman Suzuki, berikut lima penyebab ban tubles sering kempes yang perlu diwaspadai :

1. Ban Sudah Gundul

Terkadang, pengendara tidak memperhatikan kondisi ban motornya. Sehingga tidak mengetahui bahwa ban tersebut sudah gundul dan harus segera diganti.

Apabila terus dibiarkan, hal tersebut bisa berdampak pada ban yang menjadi lebih sering kempes. Selain itu, ban gundul juga berpotensi membahayakan pengemudi ketika berkendara.

Maka dari itu, akan lebih jika segera menggantinya apabila keadaannya sudah gundul atau botak.

2. Kendornya Pentil Motor

Biasanya, ban tubles yang sering kempes juga bisa disebabkan kendornya pentil. Kurang rapatnya penutup pentil membuat udara yang ada di dalam ban berangsur-angsur keluar dengan bebas.

Sebagai solusinya, pengendara harus wajib memeriksa kondisinya. Terutama setelah melakukan pengisian angin. Selain itu, pastikan juga kualitas dari pentil ban tersebut. Jika sudah terlalu lama, lebih baik menggantinya dengan yang baru demi performa yang optimal.

3. Kondisi Pelek Bengkok

Penyebab ban tubles sering kempes yang berikutnya adalah kondisi pelek bengkok. Teknisnya, keadaan pelek yang bengkok ini akan memberikan celah antara ban dan pelek.

Akibatnya, celah tersebut akan membuat angin di dalamnya keluar secara perlahan. Hasilnya, ban tubles menjadi lebih sering kempes.

Baca juga : 6 Cara Baca Ukuran Ban Mobil Biar Tak Keliru Saat Ganti Ban

4. Kotoran Menempel di Ban

Selama perjalanan, kendaraan tentu akan terkena berbagai macam kotoran termasuk debu dan pasir. Biasanya, debu atau pasir tersebut akan masuk ke sela-sela ruang ban dan pelek.

Sebagai akibatnya, kotoran tadi bisa menimbulkan celah atau sela yang bisa membuat udara dalam ban keluar secara perlahan.

5. Ban Tubles Mengalami Bocor Halus

Kondisi ban yang bocor halus biasanya akan memunculkan gejala seolah-olah ban tersebut menjadi sering kempes. Dalam hal ini, pengendara perlu memastikan keadaannya dengan memeriksa secara seksama kondisi ban motornya.

Jika menemukan lubang yang membuat ban tubles bocor halus, maka segeralah untuk membawanya ke bengkel untuk nantinya ditambal.

Demikian ulasan mengenai penyebab ban tubles sering kempes yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda!
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)