Bernavigasi Canggih, Mobil Otonom Pengantar Makanan Siap Mengaspal

Jum'at, 09 September 2022 - 22:59 WIB
loading...
Bernavigasi Canggih, Mobil Otonom Pengantar Makanan Siap Mengaspal
Mobil otonom pengantar makanan siap mengaspal dalam waktu dekat. FOTO/ DOK Uber
A A A
TEXAS - Uber Eats dan Nuro baru saja menandatangani kemitraan untuk menghadirkan mobil listrik pengantar makanan otonom. Dikatakan bahwa mobil listrik tanpa awak itu akan mengaspal di Houston, Texas dan Mountain View, California musim gugur ini.

Mobil pengantar makanan otonom nantinya mengharuskan pelanggan memasukkan kode untuk membuka box dan mendapatkan pesanan mereka. Mobil juga disebut sudah dilengkapi dengan airbag eksternal untuk melindungi para pejalan kaki.

BACA JUGA - Mobil Otonom Apple Akan Dibuat oleh Hyundai?

Meski demikian, mobil dengan kemampuan tersebut baru akan dihadirkan dalam beberapa waktu mendayang. Di tahap awal, baik Uber Eats dan Nuro baru akan menghadirkan mobil generasi kedua yang disebut R2.

R2 juga dirancang untuk sepenuhnya tanpa pengemudi dan dilengkapi dengan kamera 360 derajat dan termal, lidar, dan radar untuk menavigasi jalan sendiri secara efektif, seperti dilansir dari Engadget, Jumat (9/9/2022).

Menurut TechCrunch, pelanggan tidak akan bisa memilih dan bahkan tidak akan tahu apakah pesanan mereka dikirim oleh mobil otonom saat mereka melakukan pembelian. Tarif pengiriman yang dikenakan pun akan sama baik dengan mobil atau orang.

Pelanggan juga akan mendapatkan pengembalian uang atau bisa memberikan tips saat mereka ingin memberikannya. Tapi sayangnya dengan hadirnya mobil otonom ini, oengiriman tidak akan bisa langsung sampai ke depan pintu.

Pelanggan perlu mengambilnya di pinggir jalan, dan itu tentu akan sangat merepotkan saat turun hujan.

Untuk diketahui, Nuro sendiri sudah menghadirkan layanan pengiriman dengan mobil listrik otonom sejak tahun 2019 untuk perusahaan Walmart. Nuro bukan satu-satunya perusahaan pengiriman otonom yang memiliki kesepakatan dengan Uber Eats.

Layanan pengiriman makanan itu sudah meluncurkan percontohan dengan Motion pada bulan Mei untuk pesanan di Santa Monica, California, meskipun pengiriman yang dilakukan oleh kendaraan otonom masih akan memiliki pengemudi keselamatan di belakang kemudi.

Uber Eats juga pernah meluncurkan layanan percontohan dengan perusahaan pengiriman trotoar Serve Robotics di bulan yang sama untuk rute pengiriman pendek di West Hollywood.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1808 seconds (11.252#12.26)