Harga Pasang Dashcam Mobil, Berfungsi Kurangi Risiko Kejahatan

Selasa, 13 September 2022 - 21:13 WIB
loading...
Harga Pasang Dashcam Mobil, Berfungsi Kurangi Risiko Kejahatan
Dashcam atau kamera dashboard adalah kamera yang dipasang pada dasbor kendaraan. Dashcam pada mobil biasanya dapat merekam berbagai kejadian, seperti saat saat terjadi kecelakaan. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Dashcam atau kamera dashboard adalah kamera yang dipasang pada dasbor kendaraan. Dashcam pada mobil biasanya dapat merekam berbagai kejadian, seperti saat saat terjadi kecelakaan.

Dashcam bisa menjadi saksi atau alat rekam terhadap setiap detail yang terjadi di jalan. Sebagian besar kamera ini menghadap ke depan, menunjuk dari belakang kaca depan sehingga sesuai dengan pandangan pengemudi.

Sedangkan dashcam lainnya dihadapkan ke bagian dalam mobil untuk melihat bagaimana aktivitas pengemudi di dalam mobil. Untuk itu, dashcam pada umumnya sering terhubung ke perangkat lunak manajemen armada dan menyediakan akses waktu nyata insiden.

Baca juga; Tekan Pelanggaran Lalu Lintas dan Kriminal Jalanan, Polres Muba Tambah Kamera Pengawas

Dashcam yang lebih canggih memanfaatkan visi komputer dan AI yang menafsirkan rekaman video yang memberikan wawasan lebih dalam tentang perilaku pengemudi. Termasuk penggunaan ponsel, makan, dan kelelahan saat mengemudi. Kamera ini terus merekam secara terus menerus tampilan kendaraan .

Beberapa hal yang bisa direkam biasanya aktivitas pengemudi yang ngebut melawan rambu-rambu lalu lintas. Manuver berbahaya termasuk U-turn dan pelanggaran tanda berhenti, bahkan pengemudi dalam keadaan mengantuk pun bisa direkam oleh dashcam.

Cara kerjanya ketika mesin dihidupkan, sistem dashcam mulai merekam hingga mesin mobil mati. Ketika tersambung dengan aplikasi manajemen armada, pengguna dapat melihat rekaman video bersama data kinerja pengemudi.

Baca juga; Jambret HP Terekam Kamera Mobil di Cimahi, Korbannya Perempuan Naik Motor

Banyak sekali keuntungan dari penggunaan dashcam, yang saat ini menjadi aksesoris wajib dalam mobil. Kamera dasbor layak dicari produk terbaiknya karena dari segi fungsi menjamin keamanan saat berkendara.

Harga dashcam sangat variatif, mulai dari Rp150 hingga Rp13 juta. Setiap kamera memiliki keunggulan dan kualitas berbeda, meskipun fungsinya sama. Seperti Philips CVR 208 sekitar Rp1 jutaan, Adzom PG16S 2K GPS Dual Camera Rp1,5 jutaan, Xiaomi DDPAI Mola N3 Dashcam Rp1,3 jutaan

Masih banyak lainnya, dan harga di atas merupakan harga pasar di beberapa marketplace. Untuk mendapatkan harga terbaik bisa kamu temukan di beberapa marketplace yang tersedia.

(MG/Shinta Sofariah)
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1246 seconds (10.55#12.26)