Lightyear 0, Mobil Paling Aerodinamis di Dunia

Sabtu, 17 September 2022 - 18:42 WIB
loading...
Lightyear 0, Mobil Paling Aerodinamis di Dunia
Mobil Lightyear 0 menjadi kendaraan paling aerodinamis di dunia setelah melalui pengujian terowongan angin FKFS (Full-Scale Aeroacoustic Wind) di Stuttgart, Jerman. Foto/greencarreports
A A A
STUTTGART - Mobil Lightyear 0 menjadi kendaraan paling aerodinamis di dunia setelah melalui pengujian terowongan angin FKFS (Full-Scale Aeroacoustic Wind) di Stuttgart, Jerman . Di bawah protocol WLTP (Worldwide harmonized Light vehicles Test Procedure) mobil buatan Lightyear ini mengkonfirmasi koefisien drag (Cd) 0,175.

Angka itu menempatkan Lightyear 0 di depan Lucid Air, Tesla Model S, dan Mercedes-Benz EQS, semuanya mencatatkan koefisien drag antara 0,20 hingga 0,21. Semuanya memiliki koefisien drag jauh lebih besar dari Lightyear 0, mobil listrik tenaga matahari.

Dikutip dari laman greencarreports, Sabtu (17/9/2022), Lightyear mengklaim itu adalah pencapaian yang mengesankan bahkan untuk mobil produksi volume rendah. Lightyear mengatakan hanya berencana untuk menjual 150 mobil Lightyear 0, masing-masing dengan harga sekitar USD260.000, dengan model volume tinggi.

Baca juga; Ulang Tahun Ke-111, Rolls-Royce Tampilkan Maskot Spirit of Ecstasy yang Aerodinamis dan Mewah

Mercedes EQXX hanya mencapai koefisien drag 0,17, tetapi belum ada kabar terkait produksinya. Konsep ini merupakan sebuah karya dari ide-ide untuk meningkatkan efisiensi kendaraan listrik (EV). Pengujian ini melakukan jarak tempuh 746 mil dari Stuttgart ke Silverstone, Inggris, dengan sekali pengisian daya.

Sedangkan Volkswagen XL1 yang diluncurkan pada tahun 2013, mencapai 0,189 Cd. Coupe ramping menggunakan powertrain diesel hibrida plug-in yang sepertinya merupakan ide bagus untuk mengatasi masalah emisi.
Lightyear 0, Mobil Paling Aerodinamis di Dunia


Produksi General Motors EV1 memiliki Cd 0,195, tetapi itu dicapai dengan cangkang bodi dua pintu yang cukup tidak praktis. EV1 juga bukan mobil bervolume tinggi. GM memproduksi sebanyak 1.117 unit dan menyewakannya kepada pelanggan di California dan beberapa lokasi lainnya.

Baca juga; Resmi Diluncurkan, Helm NJS ZX-1 Desain Ramping dan Aerodinamis

Kehadiran mobil listrik EV1, XL1, EQXX, dan sekarang Lightyear 0 telah menunjukkan bahwa pemotongan drag membutuhkan bentuk yang sangat berbeda dengan mobil konvensional. Ini membuat para desainer dan insinyur yang mencoba membuat sedan tiga kotak dengan aero terdepan menghadapi beberapa tantangan berat.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1892 seconds (10.101#12.26)