Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya

Rabu, 28 September 2022 - 17:37 WIB
loading...
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya
Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan berlomba-lomba menghadirkan bus-bus premium demi kenyamanan penumpang. Foto/Scania
A A A
JAKARTA - Bus menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Selain dapat mengangkut banyak penumpang, bus juga memiliki tarif perjalanan relatif lebih terjangkau.

Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan berlomba-lomba menghadirkan bus-bus premium demi kenyamanan penumpang. Beragam teknologi dan inovasi juga diterapkan untuk kebutuhan di masa depan. Berikut adalah beberapa bus dengan konsep masa depan yang menarik perhatian.

Scania NXT
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya


Perusahaan bus Scania berencana akan mengenalkan konsep bus di masa depan yang menggunakan sumber tenaga dari baterai. Selain itu, bus dapat melaju secara otonom dan tidak lagi menggunakan mesin pembakaran internal.

Bus ini diperkenalkan dengan nama Scania NXT. Kendaraan konsep perkotaan listrik tanpa baterai dari Scania yang baru ini dirancang dengan fleksibilitas untuk beralih dari mengangkut penumpang ke dan dari tempat kerja di pagi dan sore hari, mengirimkan barang di siang hari dan mengumpulkan sampah di malam hari.



NXT adalah visi masa depan untuk transportasi di perkotaan. NXT dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya, sambil menggabungkan beberapa fitur mutakhir yang sudah tersedia. Ide awal kemunculan NXT adalah merancang satu kendaraan yang akan memenuhi semua persyaratan kota, sambil mengikuti peraturan dan tuntutan yang berbeda dalam mengangkut barang dan orang.


Xoupir
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya


Insinyur asal Kanada, Charles Bombardier, memperkenalkan desain konsep kendaraan masa depan. Ia bukan membuat rancangan mobil sport, melainkan sebuah angkutan umum jenis bus dengan konsep futuristis yang diberi nama Xoupir.

Xoupir dirancang sebagai kendaraan umum ramah lingkungan karena mengandalkan listrik sebagai sumber tenaga. Selain itu, bus ini dilengkapi dengan on-board WiMax Station untuk akses internet ultracepat bagi penumpang di dalamnya.



Badan bus Xoupir dilabur kombinasi warna putih dan merah. Di samping kiri dan kanan terdapat layar dengan teknologi LED yang menampilkan gambar dan sponsor yang akan tayang saat kendaraan ini berjalan. Xoupir dirancang memiliki enam roda, empat di belakang dan sisanya di bagian depan. Agar tak kehabisan energi listrik saat sedang dijalankan, atapnya dilengkapi panel surya.


Quantron Cizaris 12 Ev City Bus

Quantron meluncurkan Cizaris 12 Ev, bus kota listrik sepenuhnya yang membawa transportasi penumpang di daerah perkotaan ke tingkat yang baru. Bus masa depan ini dapat diandalkan, dirancang tidak mengeluarkan suara untuk mengurangi polusi udara.

Berkat nol emisi dari bus ini, memberikan kontribusi yang menentukan bagi transisi energi dalam transportasi perkotaan. Cizaris menghadirkan mobilitas yang berkelanjutan dan bersih, untuk kebebasan, keamanan dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan generasi mendatang.



Cizaris hadir sebagai bentuk kontribusi untuk mengurangi emisi CO2 dan untuk mencapai tujuan iklim global. Keunggulan lain dari Cizaris adalah rasio harga dan kinerja yang menarik, jangkauannya tinggi hingga 370 km. Sistem keamanan yang diciptakannya tinggi karena terdapat sistem monitor kamera mirror eye.


e-ATA Hydrogen
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya


e-ATA Hydrogen dari perusahaan Karsan hadir untuk menjanjikan kenyamanan tertinggi dengan motor listik yang senyap tidak mengeluarkan suara. Hal ini memberikan penumpang dan pengemudi menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Mobil listrik masa depan ini menggunakan hidrogen yang disimpan masuk ke sel bahan bakar. Ketika hidrogen mengalami reaksi kimia dalam sel bahan bakar dengan daya 70 kW, energi listrik yang muncul akan memberikan daya ke e-ATA HYDROGEN, sekaligus untuk mengisi baterai.



Bus e-ATA Hydrogen menawarkan interior yang luas, pemandangan panorama yang luas, kursi penumpang yang berbahan kain atau plastik, dan motor listrik. Di samping menawarkan interior yang cukup menggiurkan, e-ATA Hydrogen juga menawarkan kinerja yang jauh lebih kuat daripada diesel.

e-ATA HYDROGEN menantang kondisi jalan yang sulit tidak peduli seberapa curam, sempit, atau bergelombang. Menyediakan tenaga 250 kW dan torsi 22.000 Nm, e-ATA HYDROGEN menawarkan daya traksi yang unggul dengan motor hub elektriknya. e-ATA Hydrogen hadir dalam IAA Transportation Fair di Hanover dan The InnoTrans Fair di Berlin, keduanya berlangsung pada September 2022.


Willie Transparent LCD Bus
Deretan Bus Masa Depan, Begini Tampilan dan Kecanggihannya


Willie adalah konsep bus masa depan yang menarik, dikembangkan oleh desainer Tad Orlowski. Bus LCD unik ini memanfaatkan tren baru dalam teknologi untuk mengubah lanskap kota dan memberikan elemen tambahan untuk berkeliling kota.

Fitur inovatif yang membedakan Willie dari bus konvensional lainnya adalah desain elevasi samping, yang terbuat dari layar LCD transparan. Dengan inovasi menggunakan LCD, bus kota ini dapat diubah menjadi papan iklan bergerak yang menampilkan iklan atau klip film di bagian kota yang paling menarik atau memberikan informasi dan hiburan tambahan kepada penumpang seperti rencana rute, laporan cuaca, liputan pers dan TV, serta informasi wisata yang disajikan di halte bus dengan cara yang menarik.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3218 seconds (0.1#10.140)