Perbedaan 8 Jenis BBM Pertamina, Mulai Pertalite, Dexlite, hingga Pertamax Racing

Senin, 03 Oktober 2022 - 09:36 WIB
loading...
A A A
Kekurangan BBM Pertamina jenis Pertamax adalah harganya yang tak menentu karena mengikuti harga minyak dunia. Khusus untuk motor yang tak memiliki radiator, maka mesin bisa menjadi lebih panas.

4. Pertalite
Perbedaan 8 Jenis BBM Pertamina, Mulai Pertalite, Dexlite, hingga Pertamax Racing

Pertalite merupakan jenis BBM Pertamina yang saat ini sangat diandalkan oleh masyarakat Indonesia dalam beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor. Jenis BBM ini memiliki oktan 90 yang dapat dikenali dengan warna hijau terang dan jernih. Memiliki kadar RON 90 membuat Pertalite dapat digunakan oleh kendaraan dengan kompresi mesin 9-10:1.

Keunggulan Pertalite adalah ramah lingkungan, ada kandungan detergent, tapi tidak sebanyak Pertamax, harga lebih murah, tambahan additive membuat Pertalite mampu menempuh jarak yang lebih jauh.

Kekurangan Pertalite adalah mengakibatkan knocking atau ngelitik pada kendaraan bermesin diatas 125 cc, usia komponen mesin lebih singkat pada kendaraan dengan mesin berkompresi tinggi, serta bensin lebih boros sekitar 20 persen di mesin kompresi tinggi.

5. Premium
Premium merupakan bahan bakar dengan oktan 88 yang diproduksi sesuai Keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Np.3674/K24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 88.

Keunggulan Premium adalah memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan Pertamax dan Pertalite. Memiliki oktan 88, BBM ini sangat cocok untuk kendaraan dengan mesin kompresi rendah di bawah 9:1.

Tapi, ada beberapa kekurangan dari BBM Pertamina jenis Premium seperti mesin dengan cc tinggi akan mengalami knocking, gas buangnya kotor sehingga tidak ramah lingkungan, dan bisa merusak piston.

Namun, peredaran BBM Pertamina jenis Premium sudah sangat jarang ditemukan, terutama di kota-kota besar. Meski penghapusan batal dilakukan, tapi jenis BBM ini dibiarkan hilang dengan sendirinya.

6. Pertamina Dex
Pertamina Dex merupakan bahan bakar untuk mesin diesel terbaik yang mampu membuat kinerja mesin lebih optimal. BBM jenis ini sangat disarankan untuk kendaraan dengan mesin diesel modern berteknologi Common Rail System.

Memiliki Cetane Number (CN) 53 dengan standar Euro 3, Pertamina Dex memiliki keunggulan ramah lingkungan. Kandungan sulfur yang kurang dari 300 juga membuatnya dapat menjaga mesin lebih awet dan anti karat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4275 seconds (0.1#10.140)