Perbedaan 8 Jenis BBM Pertamina, Mulai Pertalite, Dexlite, hingga Pertamax Racing

Senin, 03 Oktober 2022 - 09:36 WIB
loading...
A A A
Namun, kekurangan Pertamina Dex adalah harganya yang sangat tinggi sehingga mempersulit masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membelinya.

7. Dexlite
Dexlite merupakan keluarga baru dari varian Dex Series yang dikeluarkan Pertamina pada 15 April 2016. Memiliki CN 51 dan mengandung sulfur maksimal 1.200, Dexlite sangat cocok untuk membuat mesin diesel lebih bertenaga, tapi harga lebih terjangkau.

Kelebihan BBM Pertamina jenis Dexlite adalah memiliki teknologi yang dapat menjaga mesin tetap awet dan anti karat. Ecosave technology juga memungkinkan Dexlite lebih ramah lingkungan dengan emisi yang lebih sedikit.

Tapi, Dexlite juga memiliki kekurangan seperti harga yang masih mahal dengan hanya lebih murah sekitar Rp1.000 dari Pertamina Dex. Selain itu, kandungan sulfurnya juga masih cukup tinggi jika dibanding Pertamina Dex.



8. Solar atau Biosolar
Jenis BBM Pertamina yang terakhir adalah Solar yang merupakan program subsidi pemerintah untuk angkutan umum yang menggunakan mesin diesel. Kandungan CN 48 memungkinkan untuk digunakan mesin diesel dengan teknologi lama.

Keuntungan menggunakan Solar adalah harganya sangat terjangkau. Ketersediannya juga tersebar di setiap SPBU Pertamina sehingga memudahkan pengguna kendaraan diesel dalam beraktivitas.

Kekurangannya adalah penggunaan Solar pada mesin diesel terbaru akan merusak teknologi Common Rail System. Gas buangnya juga sangat besar sehingga tidak ramah lingkungan.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)