11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:45 WIB
loading...
11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal
Cara mencuci mesin mobil penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mencuci mesin mobil penting untuk diketahui konsumen. Sebab, walau selalu tertutup kap, tapi bukan berarti kondisi mesin selalu bersih dan terbebas dari debu serta kotoran. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui cara tepat untuk membersihkan mesin mobil.

Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, mencuci mesin mobil memang diperlukan. Namun, harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Ini untuk mencegah terjadinya kerapuhan pada bagian karet dan plastik pada mesin. Nah, berikut cara mencuci mesin mobil yang ideal:

1. Hindari Matahari Langsung
Mencuci mesin mobil yang ideal di garasi tertutup. Tapi, jika kondisinya sempit dan gelap, maka disarankan untuk memilih tempat yang cukup teduh.
Ini perlu dilakukan karena di dalam mesin terdapat bagian yang terbuat dari karet dan plastik. Sehingga bisa rapuh apabila terkena air dan langsung terpapar sinar matahari, sehingga kualitasnya bisa menurun.

2. Siapkan Alat-alatnya
Peralatan dan bahan untuk mencuci mesin mobil juga perlu disiapkan. Antara lain air sabun, cairan degreaser, sikat, kuas, dan kain lap. Jika memiliki alat steam uap dan blower, sebaiknya gunakan kedua perangkat tersebut. Alat-alat tersebut akan mempercepat proses pencucian mesin mobil agar air sabun atau cairan degreaser dan air cepat mengering.

3. Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin
11 Cara Mencuci Mesin Mobil Paling Ideal

Ketika ingin mencuci mesin mobil, pastikan kendaraan tidak digunakan atau mesin belum dinyalakan sama sekali. Jika mobil baru dijalankan, maka tunggu sekitar 30 menit-45 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.

Mesin yang panas akan menghasilkan dampak buruk jika langsung disiram dengan air. Bisa menimbulkan keretakan pada mesin. Untuk itu, pastikan mesin mobil benar-benar dingin ketika ingin melakukan pencucian.

4. Awas Korslet!
Aki yang jadi sumber kelistrikan mobil sebaiknya dibungkus dengan bahan kedap air agar tidak korslet. Jika memungkinkan, sebaiknya lepas aki sebelum mencuci mesin mobil.

5. Bersihkan Debu atau Kotoran Ringan
Proses mencuci mesin mobil dapat dilakukan dengan membersihkan debu-debu atau kotoran ringan. Prosesnya dengan menyapu permukaan mesin dengan kuas hingga ke sela-sela terkecil.

6. Bagian Bawah Kap Mesin
Sebelum mencuci mesin, bagian bawah kap yang berada tepat di atas mesin mobil juga perlu dibersihkan. Ini untuk mencegah kotoran jatuh ke mesin saat proses pencucian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2611 seconds (11.252#12.26)