Komponen Kopling Manual Mobil Serta Fungsinya, Kenali dan Pahami

Rabu, 12 Oktober 2022 - 16:08 WIB
loading...
Komponen Kopling Manual Mobil Serta Fungsinya, Kenali dan Pahami
Bagi Anda pecinta otomotif tentunya memahami komponen kopling manual mobil serta fungsinya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Bagi Anda pecinta otomotif tentunya memahami komponen kopling manual mobil serta fungsinya. Komponen kopling ini sangatlah penting bagi mobil bertransmisi manual yang memiliki fungsi sebagai sistem transmisi kendaraan.

Kopling dapat berfungsi bilamana setiap komponen menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab, pada dasarnya kopling sendiri merupakan rangkaian mekanis yang tersusun atas beberapa komponen.

Baca juga : Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Setiap komponen memiliki tugas atau fungsinya tersendiri. Hal ini perlu diketahui agar pengendara memahami bagaimana bagian ini bekerja.

Berikut daftar komponen kopling manual mobil serta fungsinya :

1. Pedal Kopling

Komponen input ini nantinya akan diproses menjadi pengendalian kopling, dimana cara kerjanya sama dengan pengungkit. Pada bagian ini terdapat engsel yang langsung terhubung dengan push rod dan akan dihubungkan dengan master silinder kopling.

2. Master Silinder Kopling

Fungsi dari komponen ini ialah untuk mengubah tenaga mekanis dari pedal menjadi tenaga hidrolik. Komponen ini juga masih terhubung dengan rem melalui selang minyak pengereman. Master silinder kopling juga terbagi menjadi dua bagian yang memiliki fungsi masing masing.

3. Master Silinder Kopling Atas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)