Transmisi Mobil Tidak Cuma Manual dan Otomatis, Ini Jenis Lainnya

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:00 WIB
loading...
Transmisi Mobil Tidak Cuma Manual dan Otomatis, Ini Jenis Lainnya
Transmisi mobil ternyata memiliki banyak varian tidak hanya sekadar manual dan otomatis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Transmisi mobil ternyata tidak hanya manual dan otomatis saja. Masih banyak varian pengembangan lainnya yang perlu dipelajari.

Misal saja Suzuki S-Presso yang saat ini tengah diminati oleh banyak konsumen karena harganya yang terjangkau. Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual dua varian Suzuki S-Presso yakni Manual Transmission dan AGS.

Tentu Anda akan bingung jenis transmisi apa AGS ? Sejatinya di keluarga Suzuki, transmisi AGS bukan pertama kali digunakan Suzuki S-Presso. Mobil lainnya Suzuki Ignis dan Suzuki Wagon-R, yang telah disuntik mati, juga punya varian AGS.

Transmisi AGS sendiri merupakan transmisi manual tanpa adanya pedal kopling. Perpindahan gear dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik (ECU) yang terpasang pada mobil. Penamaan AGS sendiri sebenarnya hanya untuk produk Suzuki saja. Pada umumnya transmisi jenis ini dinamai Automated Manual Transmission (AMT).

Pengembangan transmisi memang jadi daya jual dari setiap pabrikan mobil . Jadi tidak heran jika transmisi di mobil iti banyak cabangnya. Tidak hanya manual dan otomatis.

Baca juga : Banyak Pelajar Kecelakaan, Yayasan AHM Coba Formula Baru Belajar Safety Riding

Nah, berikut ini dijelaskan jenis-jenis transmisi mobil yang perlu Anda ketahui:

1. Transmisi Manual (MT)

MT adalah singkatan dari Manual Transmission, yang berarti transmisi manual yang bekerja sangat mirip dengan sepeda. Sistem perpindahannya adalah manual yang menggerakkan shifter untuk menyesuaikan kebutuhan daya sesuai dengan kondisi jalan.

Dengan lalu lintas yang terus meningkat, transmisi manual dianggap tidak efisien. Namun, harga mobil dengan transmisi manual yang lebih murah masih sangat diminati. Bahkan dengan gearbox manual, berkendara terasa seperti memiliki "seni" tersendiri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3638 seconds (11.97#12.26)