Transmisi Mobil Tidak Cuma Manual dan Otomatis, Ini Jenis Lainnya

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:00 WIB
loading...
Transmisi Mobil Tidak Cuma Manual dan Otomatis, Ini Jenis Lainnya
Transmisi mobil ternyata memiliki banyak varian tidak hanya sekadar manual dan otomatis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Transmisi mobil ternyata tidak hanya manual dan otomatis saja. Masih banyak varian pengembangan lainnya yang perlu dipelajari.

Misal saja Suzuki S-Presso yang saat ini tengah diminati oleh banyak konsumen karena harganya yang terjangkau. Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual dua varian Suzuki S-Presso yakni Manual Transmission dan AGS.

Tentu Anda akan bingung jenis transmisi apa AGS ? Sejatinya di keluarga Suzuki, transmisi AGS bukan pertama kali digunakan Suzuki S-Presso. Mobil lainnya Suzuki Ignis dan Suzuki Wagon-R, yang telah disuntik mati, juga punya varian AGS.

Transmisi AGS sendiri merupakan transmisi manual tanpa adanya pedal kopling. Perpindahan gear dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik (ECU) yang terpasang pada mobil. Penamaan AGS sendiri sebenarnya hanya untuk produk Suzuki saja. Pada umumnya transmisi jenis ini dinamai Automated Manual Transmission (AMT).

Pengembangan transmisi memang jadi daya jual dari setiap pabrikan mobil . Jadi tidak heran jika transmisi di mobil iti banyak cabangnya. Tidak hanya manual dan otomatis.



Nah, berikut ini dijelaskan jenis-jenis transmisi mobil yang perlu Anda ketahui:

1. Transmisi Manual (MT)

MT adalah singkatan dari Manual Transmission, yang berarti transmisi manual yang bekerja sangat mirip dengan sepeda. Sistem perpindahannya adalah manual yang menggerakkan shifter untuk menyesuaikan kebutuhan daya sesuai dengan kondisi jalan.

Dengan lalu lintas yang terus meningkat, transmisi manual dianggap tidak efisien. Namun, harga mobil dengan transmisi manual yang lebih murah masih sangat diminati. Bahkan dengan gearbox manual, berkendara terasa seperti memiliki "seni" tersendiri.

2. Transmisi Otomatis (AT)

AT, juga dikenal sebagai Automatic Transmission, yang artinya perpindahan gigi berdasarkan kerja dari satu set roda gigi planetary. Pemindahan gigi dilakukan secara otomatis sesuai dengan jumlah tekanan pedal akselerator dan perubahan kecepatan kendaraan.

Pengemudi dapat mengontrol kecepatan hanya dengan menekan pedal gas. Transmisi otomatis hidrolik adalah transmisi otomatis yang paling umum.

Model transmisi otomatis sangat cocok untuk Anda yang suka berkendara namun tidak ingin diganggu. Transmisi otomatis berguna bahkan dalam lalu lintas padat dan sering macet.

3. Transmisi Kopling Ganda (DCT)

DCT adalah singkatan dari Dual Clutch Transmission, yang mana mobil merek Volkswagen menyebutnya DSG. Namun pada dasarnya keduanya memiliki performa yang sama

DCT dapat dianggap sebagai versi perbaikan dari transmisi manual (kecuali Honda) dengan menghilangkan konverter torsi hidrolik. Oleh karena itu, model gearbox ini tidak cocok untuk kecepatan rendah.

Meskipun tidak meningkat secara signifikan, mobil dengan gearbox DCT atau DSG ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai kecepatan tinggi dan tidak keberatan dengan pengaturan waktu perpindahan gigi.



4. Transmisi Mekanis Otomatis (AMT)

AMT atau yang disebut juga transmisi mekanis otomatis. Garpu pemindah gigi ditambahkan sistem aktuasi hidrolik menggantikan tangan dan kaki manusia untuk mencapai pemindahan gigi otomatis.

Model gigi AMT adalah pilihan terbaik dan cocok untuk mereka yang tidak mampu membeli mobil dengan transmisi otomatis tetapi tidak membutuhkan transmisi manual.

5. Continuously Variable Transmission (CVT)

Continuously Variable Transmission atau CVT Ini terdiri dari dua roda kecepatan variabel dan sabuk transmisi. Transmisi variabel kontinu sangat sederhana dan lebih kecil dari transmisi otomatis.

Tentu saja, ada perbedaan antara transmisi manual dan AMT. Namun secara umum transmisi AMT tersedia dalam mode transmisi otomatis dan manual.

Dengan uraian gearbox mobil di atas, tentu pilihan kembali disesuaikan dengan kantong hingga keinginan yang ada, model sepertinya menjadi pilihan terbaik selama ini.

MG/Vadma Gempita
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2977 seconds (0.1#10.140)