Tak Sedap Dipandang Mata dan Berbahaya, Ini Cara Hilangkan Karat pada Cakram Motor

Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
Tak Sedap Dipandang Mata dan Berbahaya, Ini Cara Hilangkan Karat pada Cakram Motor
Cara hilangkan karat pada cakram motor bisa dilakukan dengan merawat cakram motor dengan rutin. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tak sedap dipandang dan berbahaya, cermati cara hilangkan karat pada cakram motor. Tak sedap dipandang mata karena warna karat justru akan membuat penampilan motor jadi benar-benar terlihat seperti tidak dirawat.

Karat pada cakram motor juga bisa membahayakan terutama apabila Anda membiarkannya begitu saja. Apalagi jika kendaraan, motor atau mobil, tidak pernah dijalankan dengan rutin. Alhasil karat yang semula hanya ada di permukaan cakram juga bisa menyebar ke bagian cakram lain.

Jika hal itu terjadi, mengganti cakram dengan yang baru yang menjadi solusi terbaiknya. Jika Anda tetap memaksa mengunakan cakram dengan karat tersebut, maka kekuatan cakram akan berkurang yang juga mengurangi kemampuan pengereman sehingga dapat berakibat fatal.



Tak Sedap Dipandang Mata dan Berbahaya, Ini Cara Hilangkan Karat pada Cakram Motor


Oleh karena itu jangan anggap enteng karat yang berada di cakram motor. Untuk menghilangkannya Anda tinggal rutin membersihkan piringan dan bagian celah kampas dengan sabun, atau menyemprotkan cairan pembersih rem.

Selain itu, Anda juga bisa menyempurnakan perawatan cakram motor dengan membersihkan kaliper rem. Anda bisa membongkar kaliper dengan cara melepas baut pemegang antar kaliper dengan dudukannya. Setelah itu buka baut kampas rem dan braketnya.



Lalu bersihkan kampas dengan sikat kawat supaya debu-debunya minggat. Cakram dan kaliper yang terjaga kondisinya dengan baik tentu akan memberikan kinerja yang maksimal. Hal itu akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan Anda saat mengendarai motor.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)