Kewalahan Penuhi Permintaan, Sony Gandeng TSMC Produksi Sensor 5G

Selasa, 07 Juli 2020 - 13:59 WIB
loading...
Kewalahan Penuhi Permintaan, Sony Gandeng TSMC Produksi Sensor 5G
Ada laporan jalur produksi fab 14B TSMC dicadangkan khusus untuk CIS kelas atas Sony. Sepertinya 5G bukan satu-satunya alasan mengapa permintaan global untuk ponsel 5G meningkat. Foto/Ist
A A A
TAIPE - Menurut laporan dari Taiwan , TSMC memperluas kerja sama OEM dengan Sony CIS (CMOS Image Sensor atau hanya CIS). Perusahaan afiliasi TSMC dan anggota rantai pasokan akan mengambil "pesanan super besar" dari Sony secara bersama-sama. (Baca juga: Harga Konsol, Aksesori, dan Jadwal Kehadiran Sony PS5 Terungkap )

Menanggapi permintaan Sony, beberapa perusahaan sudah berjuang untuk memperluas kapasitas pengemasan dan pengujian CIS. TSMC secara aktif berencana untuk membangun kapasitas pengemasan CIS high-end baru di Zhunan.

Rencana pengembangan yang relevan akan secara resmi dimulai bulan ini. Selain itu, perusahaan berharap untuk menyelesaikan pengembangan pada pertengahan tahun depan. Pengeluaran TSMC untuk keperluan ini mencapai USD10 miliar. Ini akan menjadi basis produksi terbesar untuk kemasan canggih TSMC, sekaligus sebagai lini produksi kemasan CIS untuk Sony OEM.

Laman Giz China mengutarakan, ada laporan jalur produksi fab 14B TSMC dicadangkan khusus untuk CIS kelas atas Sony. Sepertinya 5G bukan satu-satunya alasan mengapa permintaan global untuk ponsel 5G meningkat.

Potensi pasar dari pengemudian otonom juga meningkatkan permintaan global untuk CIS. Seluruh pasar optimistis tentang prospek aplikasi CIS high-end di masa depan.

Dalam rencana ekspansi, Sony tidak sendirian. Pesaingnya seperti Samsung dan OmniVision juga aktif memperluas kapasitas produksi.

Pada Desember tahun lalu, TSMC harus menerima pesanan CIS Sony untuk pertama kalinya karena kapasitas produksi Sony yang tidak mencukupi. Menurut laporan, Sony optimistis tentang permintaan yang kuat untuk sensor gambar di era 5G. Namun, kapasitas produksinya terbatas, dan pesaing seperti Samsung dan OmniVision mempercepat ekspansi produksi.

Selama beberapa tahun terakhir, Sony dan TSMC telah memiliki kerja sama yang baik. Namun, ketika menyangkut sensor CIS, strategi Sony bersifat internal. Namun, pabrikan Jepang harus mengubah strategi ini untuk pertama kalinya karena peningkatan cepat yang dilakukan oleh Sony.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2598 seconds (0.1#10.140)