Ini Bahayanya Menggunakan Ban dan Velg Terlalu Lebar untuk Motor 150 cc

Senin, 07 November 2022 - 08:48 WIB
loading...
Ini Bahayanya Menggunakan Ban dan Velg Terlalu Lebar untuk Motor 150 cc
Penggunaan ban dan velg harus dihitung dan disesuaikan dengan motor, jangan sampai berlebihan hingga berdampak buruk. Foto: dok pribadi
A A A
JAKARTA - Cara termudah (dan paling kelihatan) untuk memodifikasi sepeda motor adalah mengubah ukuran ban. Baik menjadi lebih besar atau lebih kecil.
Tentu, mengubah ukuran velg menjadi lebih lebar juga kerap dilakukan agar motor terlihat lebih kekar.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa mengubah ban menjadi lebih besar dan menaikkan ukuran velg, akan membuat motor menjadi lebih berat. Tak jarang juga yang mengatakan mesin motor akan bekerja keras demi mendapatkan tenaga yang diinginkan.

Modifikator dari bengkel 902 Garage Yusa Firdaus mengatakan, velg dan ban lebar membuat motor menjadi lebih berat adalah mitos. Kuncinya adalah memahami ukuran yang tepat ketika ingin mengubah ukuran velg dan ban.

“Jadi nggak selamanya pakai ban lebar, dan velg besar itu berat. Tinggal kita mengkondisikan ban dan merek apa yang kita pakai,” kata Yusa.
“Misalnya ban dari Pirelli, kalau kita memakai ban Diablo Super Corsa yang soft dengan ukuran 180 yang biasa dipakai di superbike, ternyata lebih enteng dari ban ukuran aslinya yang 150,” ungkapnya.

Ini Bahayanya Menggunakan Ban dan Velg Terlalu Lebar untuk Motor 150 cc

Sementara untuk velg, Yusa menyampaikan jika memiliki dana yang cukup, maka disarankan menggunakan merek ternama. Namun, bisa juga menunggu part copotan dari motor yang cc-nya lebih besar.

“Kalau untuk velg itu banyak yang saat ini sudah ada di pasaran. Mungkin dari segi bobot enteng, cuma harganya yang lebih mahal. Jad nggak selamanya ganti velg lebar dan ban besar itu berat,” ujar Yusa.

Selain itu, Yusa menyarankan kepada pemilik motor sport dengan mesin 150 cc agar tak mengubah ban dan velg terlalu besar. Ini demi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan, terlebih jika motor tersebut digunakan untuk mobilias sehari-hari.



Ini Bahayanya Menggunakan Ban dan Velg Terlalu Lebar untuk Motor 150 cc

“Motor 150 cc maksimal pakai velg 4,5 inci dan ban ukuran 150 sudah maksimal untuk belakang. Sedangkan yang depan pakai velg 3 inci dan ban 110. Kalau motor 250 cc, velg depan bisa pakai ukuran 3,5 inci, bahkan bisa pakai spek moge, belakang 5,5 inci dan ban ukuran 180 masih bisa masuk,” ucap Yusa.

Menggunakan velg yang terlalu lebar pada motor sport 150 cc bisa membuat gear depan dan belakang tidak seimbang. Jika dipaksakan maka rantai bisa putus, atau dalam kasus terburuk gearbisapatah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2919 seconds (0.1#10.140)