Jual Saham Tesla USD4 Miliar, Kekayaan Elon Musk Anjlok Jadi USD200 Miliar

Rabu, 09 November 2022 - 12:23 WIB
loading...
Jual Saham Tesla USD4 Miliar, Kekayaan Elon Musk Anjlok Jadi USD200 Miliar
Kekayaan bersih CEO Tesla Elon Musk turun di bawah USD200 miliar setelah menjual sahamnya di Tesla. Foto/Reuters
A A A
SAN CARLOS - Kekayaan bersih CEO Tesla Elon Musk turun menjadi di bawah USD200 miliar atau sekitar Rp3.125,890 triliun setelah menjual sahamnya di Tesla. Para investor khawatir melihat Elon Musk lebih sibuk mengurus Twitter yang baru dibelinya daripada mengelola produksi mobil listriknya.

Menurut Forbes kekayaan Elon Musk sekarang sekitar USD197,4 miliar, sebagian besar atau sekitar 15 persen berasal dari sahamnya di Tesla. Kekayaan bersih orang terkaya di dunia, Elon Musk yang juga memiliki perusahaan roket SpaceX, sekitar USD40 miliar lebih banyak dari orang terkaya kedua, pemilik LVMH Bernard Arnault.

Apalagi Elon Musk telah menjual hampir USD4 miliar atau sekitar Rp62,5 triliun sahamnya di Tesla setelah menyelesaikan pembelian platform media sosial Twitter senilai USD44 miliar atau sekitar Rp688 triliun lebih. CNBC menyebutkan, menurut pengajuan dengan badan pengawas keuangan Komisi Sekuritas dan Bursa, Elon Musk menjual 19,5 juta saham Tesla senilai USD3,95 juta.

Baca juga; Tepis Keraguan, Twitter Ungkap Cara Bedakan Centang Biru Terverifikasi yang Resmi

Menurut CNBC ini adalah penjualan saham Tesla terbesar ketiga Elon Musk sejak membeli raksasa media sosial Twitter. Investor pun meninggalkan Tesla karena kekhawatiran atas penjualan saham oleh Elon Musk, yang sebelumnya telah mendivestasikan saham senilai setidaknya USD15 miliar. Tahun ini, Elon Musk menjual saham senilai lebih dari USD8 miliar pada bulan April dan sekitar USD7 miliar pada bulan Agustus.

“Sepertinya Elon Musk menghabiskan 100% waktunya di Twitter dan Anda tahu, itu mungkin membutuhkan lebih banyak modal,” kata Jay Hatfield dari Infrastructure Capital Management dikutip SINDOnews dari laman DailyMail, Rabu (9/11/2022).

Sejak membeli Twitter, Elon Musk sangat sedikit tweet soal Tesla, sebuah praktik yang membantunya mendapatkan daya tarik di platform. Dia malah menggunakan Twitter untuk mengumumkan rencana untuk perusahaan media sosial seperti berlangganan USD8 per bulan untuk verifikasi centang biru.

Baca juga; Wall Street Dibuka Menguat, Saham Tesla Ambrol 4%

Elon Musk masih orang terkaya di dunia, kekayaannya pernah mencapai puncak tertinggi sekitar USD340 miliar setahun lalu karena harga saham Tesla mencapai rekor USD410. Sekarang kekayaan Elon Musk di bawah USD200 miliar dan harga saham Tesla USD193,7 pada penutupan bursa Selasa 8 November 2022 sore.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1766 seconds (11.252#12.26)