Jangan Main-main, Ini Akibatnya Jika Sering Telat Ganti Oli

Kamis, 17 November 2022 - 11:00 WIB
loading...
Jangan Main-main, Ini Akibatnya Jika Sering Telat Ganti Oli
Waktu penggantian oli mobil selalu dicantumkan agar jadi panduan pemilik kendaraan. Foto/DOK. Pertamina
A A A
JAKARTA - Ganti oli kendaraan kerap dianggap remeh oleh banyak orang. Saat ini bahkan banyak beredar meme atau banyolan di dunia mengenai kaum hawa yang kerap meremehkan ganti oli di kendaraan mereka.

Padahal perempuan justru tidak bisa dijadikan banyolan karena kenyatannya kaum adam juga kerap lupa dan meremehkan ganti oli kendaraan. Padahal penggantian oli di kendaraan mutlak harus diperhatikan.

Padahal setiap pabrikan kendaraan pasti akan memberikan rekomendasi untuk selalu rutin mengganti oli mesin tepat waktu. Jika tidak dilakukan penggantian oli, akibatnya akan fatal bagi mesin kendaraan Anda.

Umumnya, masa penggantian oli mobil ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin mobil bekerja dan seberapa sering mobil digunakan. Tapi pabrikan mobil juga biasanya memberikan jangka waktu berdasarkan 6 bulan atau jarak tempuh setiap 10.000 kilometer.

Oli yang tidak diganti akan menjadi semakin hitam dan kental. Hal tersebut menyebabkan fungsi oli sebagai pelumas seluruh komponen mesin akan menurun. Tentunya juga berdampak pada turunnya kinerja mesin mobil . Selain itu, suara mesin juga akan terdengar semakin kasar. Bahkan bisa saja mesin mobil akan sulit dinyalakan saat pertama kali ingin digunakan di pagi hari.

Begitu juga oli mesin yang lama tidak digunakan atau kendaraan tidak dinyalakan. Masalah utama ketika oli mesin tidak digunakan dalam jangka lama bisa menimbulkan penumpukan kontaminan di bak oli. Jika sudah menumpuk di bak penampungan oli (carter oli) ini maka dikhawatirkan akan terjadi sludge atau lumpur yang disebabkan penggumpalan dari oli di bagian bawah mesin.

Kalau sudah begini dan terlalu lama tidak dinyalakan, maka oli mesin tidak akan bersirkulasi ke bagian mesin. Jika sudah menggumpal dan terbentuk sludge ini maka bisa mengganggu kinerja mesin saat mobil ingin dikendarai lagi.

Baca juga : 7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur

Jangan Main-main, Ini Akibatnya Jika Sering Telat Ganti Oli


“Itu sebabnya pabrikan mobil memberikan rekomendasi untuk mengganti oli tiap 6 bulan sekali atau ketika mobil sudah menempuh jarak 10.000 kilometer. Bahkan saat mobil tidak dipakai dalam waktu lama, oli mesin juga harus diganti untuk menghindari resiko mesin rusak karena oli terkontaminasi,” jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1114 seconds (10.101#12.26)