6 Komponen Turbo yang Buat Mobil Lebih Ngebut dan Perlu Perhatian Khusus

Rabu, 30 November 2022 - 20:01 WIB
loading...
6 Komponen Turbo yang Buat Mobil Lebih Ngebut dan Perlu Perhatian Khusus
Perhatikan komponen turbo yang buat mobil lebih ngebut. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada enam komponen turbo dalam mesin mobil yang perlu diperhatikan cara penggunaan dan perawatannya. Apa saja sih komponen turbo itu?

Saat ini mobil berteknologi turbo bukan hal asing lagi di pasar otomotif. Tidak seperti dulu, mobil yang sudah dilengkapi dengan tenaga induksi turbo sudah mudah didapatkan.

Harganya pun beragam mulai dari yang terjangkau hingga supermahal. Ambil contoh Nissan Magnite, Toyota Raize, hingga Daihatsu Rocky yang harganya tidak tembus Rp500 juta.

Namun perlu diketahui bahwa memilih mobil berteknologi turbo datang dengan konsekwensi. Setidaknya komponen-komponen turbo perlu diperhatikan dan dirawat lebih serius.

Baca juga : Elektrifikasi Jadi Tema Besar Pameran Modifikasi Mobil IMX 2023

Nah di bawah ini setidaknya ada enam komponen turbo yang harus diperhatikan. Yuk cermati daftarnya di bawah ini:

1. Turbin

Komponen ini berfungsi sebagai konversi energi panas fluida yang melewatinya menjadi energi mekanis putaran poros turbin. Turbin pada turbocharger tersusun atas rotor dan casing.

2. Kompresor

Kompresor memiliki tugas sebagai pengubah ebergi mekanis putaran poros turbo menjadi energi kinetik aliran udara. Komponen ini menjadi satu poros dengan turbin, di saat gas buang mesin mulai memutar turbin maka kompresor juga ikut berputar dengan kecepatan yang sama.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1890 seconds (11.210#12.26)