Hyundai Stargazer Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP, Setara Xpander Kalah dari Veloz

Jum'at, 09 Desember 2022 - 19:03 WIB
loading...
Hyundai Stargazer Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP, Setara Xpander Kalah dari Veloz
ASEAN NCAP melakukan uji tabrak terhadap Hyundai Stargazer varian Active. Foto/ASEAN NCAP
A A A
JAKARTA - Hyundai Stargazer berhasil meraih penilaian 4 bintang uji tabrak dari ASEAN NCAP . Capaian itu membuat Hyundai Stargazer setara dengan Mitsubishi Xpander.

Hanya saja capaian itu masih kalah dengan kompetitor mereka lainnya, Toyota Veloz. Pasalnya dalam metode uji tabrak yang sama Toyota Veloz justru berhasil meraih penilaian 5 bintang.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh ASEAN NCAP diketahui Hyundai Stargazer yang diuji coba adalah varian ACTIVE. Varian tersebut bukan varian tertinggi yang dimiliki oleh Hyundai Stargazer yakni Prime.

Pengujian tersebut kemudian menghasilkan skor 66,48. Skor itu sebenarnya masih kalah dengan Mitsubishi Xpander yang mendapatkan nilai 70,96. Hanya saja perlu diketahui metode pengujian yang dilakukan Hyundai Stargazer merupakan standar baru 2021-2025. Beda dengan Mitsubishi Xpandeer yang menggunakan standar pengujian 2017-2020.

Baca juga : Puluhan Mobil Modifikasi Berebut Gelar Master di Final BlackAuto Battle 2022

Hyundai Stargazer Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP, Setara Xpander Kalah dari Veloz


Lebih lanjut dalam pengujian itu ASEAN NCAP melihat adanya potensi cedera yang cukup mengkhawatirkan bagi pengemudi Hyundai Stargazer. Pasalnya boneka pengemudi yang digunakan mengalami cedera di dada dan kaki kanan usai mejalani uji tabrak bagian depan. Di sisi lain, penumpang mobil di kursi depan justru tetap stabil dalam uji offset frontal.

Di uji lainnya, ASEAN NCAP memberikan skor tinggi untuk Stargazer dalam penilaian Safety Assist dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor yang menilai AEB dan monitor titik buta.

Baca juga : Gagang Pintu Mobil Hyundai Bakal Bisa Dibuka Hanya dengan Melambaikan Tangan

"Hyundai Stargazer berhasil meraih skor keseluruhan 66,48 poin. Penilaian tersebut diakumulasikan dari kategori penilaian AOP sebesar 31,21 poin, COP sebesar 14,48 poin, SA sebesar 12,04 poin, dan kategori MS sebesar 8,75 poin. Total skor tersebut membuat MPV tersebut layak mendapatkan rating 4-Star ASEAN NCAP," tulis keterangan resmi ASEAN NCAP.

Tidak diketahui mengapa Hyundai menyediakan Hyundai Stargazer Active untuk tes uji tabrak ASEAN NCAP. Diduga varian tersebut jadi model uji karena memang Hyundai Stargazer Active adalah model yang dijual di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2623 seconds (11.252#12.26)