Jalur Rute Kereta Api Sumatera, Terpanjang di Sumatera Barat

Selasa, 20 Desember 2022 - 15:49 WIB
loading...
Jalur Rute Kereta Api Sumatera, Terpanjang di Sumatera Barat
Kereta Api merupakan moda transportasi berbasis rel yang menjadi pilihan banyak masyrakat dalam menempuh sebuah perjalanan jarak jauh. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kereta Api merupakan moda transportasi berbasis rel yang menjadi pilihan banyak masyarakat dalam menempuh sebuah perjalanan jarak jauh. Tidak hanya di Pulau Jawa, jalur kereta api pun kini sudah meluas ke berbagai pulau, termasuk Sumatera .

Meskipun tidak selengkap di pulau Jawa, namun ada beberapa daftar rute kereta Sumatera yang menarik untuk dicoba dengan fasilitas yang tak kalah lengkap.

Baca juga : Jalur Kereta Api Trans-Jawa Dihentikan

Dikutip dari heritage.kai.id, pembangunan jalur kereta api yang ada di wilayah Sumatera dibangun mulai pada 1889 sampai dengan 1914. Dalam jangka waktu 25 tahun tersebut, dapat membangun jalur rute di beberapa wilayah di Sumatera yakni :

1. Jalur di wilayah Sumatera Utara

Jalur Sumatera adalah jalur tertua diantara jalur Sumatera pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan pembangunan jalur ini dimulai sejak tahun 1889 atau pada masa kolonialisme di Indonesia. Dalam jalur ini memiliki stasiun pusat terbesar ada di stasiun Medan.

Sedangkan jalur yang ada di Sumatera Utara ini memiliki rute yang cukup luas yakni wilayah Medan, Tinggi, Batang Kuis, Tebing, Siantar, Lubuk Pakam, Tanjung Balai, Padang Halaban, Rantau Prapat, Kisaran Dan Wilayah Lain Yang Ada Di Sekitarnya.

2. Jalur di wilayah Sumatera Barat

Jalur Sumatera Barat merupakan jalur kereta yang dibangun pada tahun 1891 dan memiliki panjang lintasan mencapai 115 KM. Pada jalur ini memiliki cakupan wilayah Padang - Bandara Internasional Minangkabau dan juga Padang - Padang Pariaman.

Dari cakupan wilayah tersebut memiliki jumlah stasiun terbanyak di antara jalur sumatera yang lainnya. Jalur ini merupakan jalur utama bagi penumpang yang berasal dari Bandara Internasional Minangkabau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)