Sejarah Bus ALS yang Bisa Bikin Penggunanya Jadi Saudara

Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:00 WIB
loading...
Sejarah Bus ALS yang Bisa Bikin Penggunanya Jadi Saudara
Sejarah bus ALS menarik untuk dicermati karena memiliki trek yang panjang salah satunya trek Medan-Malang. Foto/Facebook ALS
A A A
JAKARTA - Sejarah Perusahaan Otobbus (PO) Antar Lintas Sumatera ( ALS ) sangat menarik dicermati. Salah satu kelebihannya adalah PO ALS mampu menjadikan penggunanya jadi saudara.

Pasalnya ALS memiliki satu rute yang sangat panjang yakni Medan-Jember. Jarak yang ditempuh bus ALS dari Medan, Sumatera Utara ke Jember Jawa Timur sekitar itu mencapai 2.956 km. Total waktu yang dihabiskan penggunanya mencapai lima hari.

Jadi selama lima hari itu penumpang bus ALS rute Medan-Jember akan selalu menghabiskan waktu bersama-sama. Mulai dari berangkat, makan, hingga beristirahat. Tidak heran jika mereka yang semula bukan siapa-siapa bisa jadi saudara.

“Setahu saya perjalanannya sekitar 5 hari. Karena Jakarta-Medan aja sekitar 3 hari, lalu Jakarta-Jember estimasinya 2 hari, jadi total sekitar 5 hari, pokoknya itu benar-benar jauh,” ujar Zainal Arifin, Ketua Umum Bismania Community (BMC).

Rute Medan-Jember bukan satu-satunya rute panjang yang dimiliki ALS. Mereka juga punya rute Medan-Solo, Medan-Pati, Medan-Yogyakarta, dan Medan-Malang yang memang ditempuh lebih dari tiga hari.



Sejarah Bus ALS yang Bisa Bikin Penggunanya Jadi Saudara


Keunikan itulah yang kemudian membuat ALS jadi PO Bus yang menarik. Apalagi catatan sejarahnya juga cukup unik untuk dicermati.

Dilansir dari berbagai sumber, K PO ALS didirikan tujuh saudagar bersaudara yang diiniasi H Sati Lubis di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Berawal dari truk untuk membawa hasil bumi, mereka duduk bersama membangun usaha perusahaan angkutan penumpang.

Pada 29 September 1966, PO ALS resmi berdiri dan kini menjadi perusahaan otobus terbesar di Sumatera sekaligus menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. PO ALS juga terkenal sebagai bus dengan barang bawaan paling banyak di atasnya dan memiliki trayek terjauh di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7321 seconds (0.1#10.140)