Hacker Sukses Bajak Mobil-mobil Mewah Ferrari dan Rolls-Royce

Minggu, 08 Januari 2023 - 11:30 WIB
loading...
Hacker Sukses Bajak Mobil-mobil Mewah Ferrari dan Rolls-Royce
Peretasan yang dilakukan Sam Curry cs pada Ferrari, Rolls-Royce dan lainnya dilakukan untuk mengungkap celah keamanan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kelompok hackers di Amerika Serikat berhasil meretas puluhan mobil. Termasuk mobil-mobi mahal seperti Ferrari dan Rolls-Royce.

Peretasan itu tidak hanya bisa mengambil alih mobil dari jarak jauh tapi juga merampas data pribadi, mengakses data langsung lokasi berdasarkan GPS, hingga mengubah situs web resmi dari mobil-mobil tersebut.

Menariknya tidak hanya Ferrari dan Rolls-Royce saja yang berhasil mereka retas. Merek-merek lain juga jadi korban seperti KIA, Honda, Infiniti, Nissan, Acura, Mercedes-Benz, Hyundai, Genesis, BMW, Ford,Porsche, Toyota, Jaguar, hingga Land Rover.

Mereka bahkan mencantumkan seluruh hasil peretasan itu melalui situs khusus. Jadinya melalui situs tersebut pabrikan otomotif yang mobilnya kena retas bisa mempelajari kelemahan yang ada.

Baca juga : Ngeri, Arkeolog Temukan 9 Kepala Buaya Ditanam di Makam Mesir Kuno

Hacker Sukses Bajak Mobil-mobil Mewah Ferrari dan Rolls-Royce


"Jika hacker yang punya niat jahat memanfaatkan celah yang ada di sistem telematis pada mobil-mobil itu maka mereka bisa mengambil alih mobil dengan cepat. Mereka bisa membunyikan klakson, menyalakan lampu, mengunci pintu mobil dari jauh, menyalakan dan mematikan mobil, hingga memantau pergerakan mobil," tulis Sam Curry.

Dia mencontohkan mobil Rolls-Royce yang dia retas. Mobil tersebut tidak hanya bisa dinyalakan dan dimatikan dari jarak jauh, tapi juga bisa mengambil nomor rangka mobil atau Vehicle Identification Number (VIN). Padahal nomor tersebut sifatnya sangat rahasia.

Lebih mengkhawatirkannya lagi adalah peretasan yang terjadi di mobil Porsche. Sam Curry dan temannya bisa menemukan lokasi langsung Porsche yang hendak mereka retas.

Baca juga : Ilmuwan Inggris Temukan Obat Penahan Penyakit yang Diderita Stephen Hawking
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2170 seconds (10.55#12.26)