Mobil Sport Amerika Ini Diklaim Punya Mesin Setara Roket Saturn V

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:00 WIB
loading...
Mobil Sport Amerika Ini Diklaim Punya Mesin Setara Roket Saturn V
Hennessey Venom F5 Revolution Coupe hanya akan diproduksi sebanyak 24 unit. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - Pabrikan mobil sport Amerika Serikat merilis mobil hyper Hennessey Venom F5 Revolution Coupe. Mobil itu diibaratkan gesit seperti jet tempur dan mesin setara roket Saturn V.

Diketahui roket Saturn V merupakan bagian penting dari misi luar angkasa Apollo. Roket tersebut merupakan pendorong dari semua pesawat luar angkasa Apollo.

Mesin yang digunakan di roket itu adalah mesin F-1 yang dibuat oleh Rocketdyne Division of Rockwell International. Tenaga yang dihasilkan mesin itu diklaim mencapai 160 juta tenaga kuda.

Lalu mengapa CEO Hennessey, John Hennessey mengklaim mesin yang digendong oleh Hennessey Venom F5 Revolution Coupe justru setara dengan mesin roket Saturn V?

John Hennessey justru mengatakan hal itu sebagai pengibaratan. Pasalnya mobil yang mereka buat memiliki kekuatan yang sangat besar dan begitu lincah bak pesawat jet tempur .



Mobil Sport Amerika Ini Diklaim Punya Mesin Setara Roket Saturn V


"Mesin di mobil ini memiliki tenaga sebesar 1.817 daya kuda serta pengereman, akselerasi, dan pengendalian yang sangat tinggi. Mobil ini menawarkan kelincahan pesawat jet tempur dan mesin yang serasa roket Saturn V," jelas John Hennessey.

Tenaga sebesar 1.817 daya kuda itu merupakan hasil dari mesin V8 Fury turbo ganda dengan kapasitas silinder 6,6 liter. Mesin itu diyakini sudah sangat cukup memberikan sensasi ala roket Saturn V.

Mobil ini juga diklaim sangat lincah layaknya pesawat jet tempur. Pasalnya Hennessey membuat mobil ini seringan mungkin agar memiliki dinamika yang tinggi.

Desainer Hennessey Venom F5 Revolution Couppe, John Heinricy mengatakan dari awal mobil itu dibuat agar bisa dikendalikan dengan sempurna meski memiliki tenaga yang sangat besar.



Mobil Sport Amerika Ini Diklaim Punya Mesin Setara Roket Saturn V


Untuk itu material sasis mobil yang digunakan seluruhnya adalah serat karbon. Hal yang paling mencolok lainnya adalah sayap belakang mobil yang juga terbuat dari serat karbon.

Sayap belakang itu ternyata bukan sayap biasa karena didesain dengan sangat khusus. Sayap mobil itu ternyata dapat disesuaikan oleh pengemudi guna mendapatkan daya tekan yang lebih baik.

Jadi mobil masih bisa dikendalikan dengan baik saatberlari hingga kecepatan 300-400 kilometer per jam. "Dari situ kami berhasil menciptakan mesin yang merupakan pengalaman berkendara yang mendalam dan emosional," ujar John Heinricy.

Sayangnya tidak semua orang bisa merasakan sensasi istimewa Hennessey Venom F5 Revolution Coupe. Pasalnya mobil tersebut hanya diproduksi sebanyak 24 unit. Harganya pun fantastis yakni USD2,7 juta atau setara Rp41,8 miliar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)