Taliban Bikin Supercar dengan Mesin Misterius

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:22 WIB
loading...
A A A
Sementara Abdul Baqi Haqqani, Menteri Pendidikan Tinggi Taliban dalam sebuah tayangan video peluncuran Mada 9 mengaku bahagia melihat mobil sport itu langsung. Dalam sambutannya dia mengatakan mobil tersebut merupakan bukti upaya keras Taliban yang ingin memberikan masyarakat Afghanistan pendidikan keagamaan yang seimbang dengan sains moderen.



Taliban Bikin Supercar dengan Mesin Misterius


Saat ini Mada 9 memang masih dalam bentuk purwarupa. Hanya saja pengembangan sisi teknis mobil tersebut jadi perhatian banyak orang. Pasalnya banyak orang ingin tahu jantung mekanis atau mesin yang digunakan Mada 9.

Situs Carbase mengatakan mobil tersebut diyakini menggunakan mesin Toyota Corolla. Hanya saja mereka ragu bagaimana mesin tersebut bisa menggelontorkan tenaga yang besar.

Pasalnya mesin itu paling maksimal hanya memiliki tenaga sebesar 132 daya kuda dan torsi maksimal 171 Nm. "Tapi memang mesin yang sama digunakan juga di mobil Lotus Elise. Bisa saja mereka memiliki rekayasa tersendiri," tulis Carbase.

Sementara pejabat dari ATVI, Ghulam Haidra Shahamat membenarkan penggunaan mesin Toyota itu. Mesin itu tidak mentah-mentah langsung dipasang di Mada 9.

Mesin itu terlebih dulu dimodifikasi agar bisa mendapatkan tenaga yang maksimal. "Jika ditingkatkan kapasitasnya, mesin itu sudah sangat cukup kuat," terangnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3702 seconds (0.1#10.140)