Kendaraan Hidrogen Suzuki Telah Dipatenkan

Senin, 08 Juni 2015 - 22:43 WIB
Kendaraan Hidrogen Suzuki Telah Dipatenkan
Kendaraan Hidrogen Suzuki Telah Dipatenkan
A A A
TOKYO - Setelah kurang lebih satu dekade melakukan studi dan bereksperimen, akhirnya Suzuki menyelesaikan proyek motor elektrik dengan tenaga hidrogen. Bahkan Suzuki telah mengajukan hak paten untuk unit motor elektriknya.

Motor elektrik bertenaga hidrogen ini dilakukan Suzuki lewat kerjasama dengan Intelligent Energy, sebuah perusahaan asal Inggris.

Seperti dilansir dari amcn, Senin (8/6/2015), pendaftaran hak paten produk Suzuki ini pada motor elektrik sudah dilengkapi dengan tangki hidrogen. Tangki hidrogen terlindung struktur silinder yang terintegrasi dengan bagian bodinya.

Proses distribusi hidrogen dari tabung menuju kotak berwarna biru terlihat pada skema gambar hak paten yang diajukan. Kotak berwarna biru merupakan hidrogen yang diolah menjadi energi listrik. Kemudian disalurkan ke bagian baterai yang akan menyemburkan tenaga untuk menggerakkan mesinnya.

Baterai bisa diisi ulang jika sedang tidak digunakan. Semua komponen pengolah hidrogen dan juga baterai terletak pada bagian tengah motor agar memberikan efek sentralisasi massa serta untuk meningkatkan handling.

Suzuki menyatakan penggunaan energi hidrogen lebih baik jika dibandingkan dengan motor listrik bertenaga baterai biasa. Selain itu, sistem ini menawarkan kemungkinan pengisian bahan bakar yang lebih cepat.

Proyek ini mendukung penghematan energi dan tidak menyebabkan polusi. Karena gas buang hasil pembakaran motor berupa uap air sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Sebagai informasi, Suzuki juga telah mematenkan motor konsep dengan teknologi sama pada 2007 dan 2010 yaitu Crosscage dan Burgman.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6354 seconds (0.1#10.140)