Pameran Automotif Berperan Dongkrak Target Penjualan

Senin, 22 Juni 2015 - 20:59 WIB
Pameran Automotif Berperan Dongkrak Target Penjualan
Pameran Automotif Berperan Dongkrak Target Penjualan
A A A
JAKARTA - Industri kendaraan merupakan salah satu industri andalan. Mengingat indusri kendaraan bermotor yang tergabung dalam kelompok industri alat angkut, mesin dan peralatan memiliki kontribusi 27% terhadap PDB nasional.

Perlu diketahui sejak 2010, pertumbuhan kelompok industri ini lebih besar dari rata-rata pertumbuhan PDB. Hal tersebut didukung oleh target-target yang ditetapkan dalam Kebijakan Industri Nasional (KIN).

Sasaran produksi pada 2015 sebesar 1.6 juta unit, penjualan 1.224.000 unit dan ekspor 386.000 unit. Sedangkan target 2020 sasaran produksi sebesar 2,6 juta unit, penjualan 1,970 juta unit dan ekspor 622 ribu unit.

Terkait hal diatas Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), melakukan langkah strategi untuk mendongkrak dalam pencapain target. Salah satunya mengadakan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Gelaran pameran auomotif bertaraf internasional ini diharapkan mampu dongkrak peluang ekspor mobil yang diproduksi di Indonesia.

"Memang tidak besar namun, dari pengalaman tahun lalu, banyak pengunjung dari luar negeri yang datang. Kami harap tahun ini makin banyak yang datang," ujar Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi, di Jakarta, saat dialog otomotif dalam rangkaian road show GIIAS di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Sudirman menambahkan, pada dasarnya pameran automotif internasional, termasuk GIIAS tujuannya untuk memberikan informasi terhadap produk-produk automotif dan teknologinya di Indonesia.

Gaikindo, menurutnya masih menargetkan angka ekspor kendaraan roda empat sebesar 200 ribu unit pada 2015 atau sama dengan tahun lalu. Ia mengatakan hingga saat ini kendaraan serba guna (MPV) masih mendominasi ekspor mobil dari Indonesia. Indonesia, menurut Sudirman membutuhkan pasar baru untuk meningkatkan angka ekspor.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7504 seconds (0.1#10.140)