Sejarah Toyota Avanza

Minggu, 16 Agustus 2015 - 07:17 WIB
Sejarah Toyota Avanza
Sejarah Toyota Avanza
A A A
TAK banyak kendaraan yang mampu memikat konsumen fanatik di Tanah Air. Namun, sang fenomenal Toyota Avanza berhasil membuat sejarah sebagai kendaraan dengan pembelian terbanyak di kelas low MPV (multi-purpose vehicle).

Namun, apa yang diraih bukan tanpa perencanaan matang. Avanza lahir melalui perjalanan panjang. Berawal dari krisis moneter pada 1998 yang melanda Tanah Air, harga kendaraan melambung ke level tertingi dalam sejarah automotif di Indonesia.

Saat itu, Toyota Kijang yang merupakan kendaraan favorit keluarga dengan harga terjangkau terpaksa mengalami kenaikan. Padahal, Kijang adalah mobil yang cocok dengan masyarakat Indonesia yang guyub.

Hal ini yang membuat Toyota berusaha merumuskan mobil baru di segmen mobil keluarga. Pengalaman membesarkan nama Kijang sejak era 1970-an adalah bekal berharga untuk menciptakan kembali mobil keluarga Indonesia.

Toyota Avanza adalah produk costumer oriented yang dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri. Serangkaian survei dilakukan untuk memastikan seperti apa sebetulnya kebutuhan masyarakat Indonesia. Untuk memastikan hal itu, Toyota turun ke lapangan hingga pelosok daerah.

Dari hasil survei, pasar menginginkan kendaraan low MPV dengan harga lebih terjangkau 70% dari harga Kijang. Kapasitas yang mampu menampung seluruh anggota keluarga juga menjadi hal penting. Sebab itu, pilihan tiga baris kursi merupakan hal mutlak.

Selain itu, berdasarkan survei dimensi mobil harus ringkas tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai mobil keluarga karena banyak calon pembeli Avanza saat itu yang memiliki rumah di wilayah dengan jalan kecil dan garasi terbatas.

Daya tahan kendaraan menjadi hal penting, karena kultur masyarakat yang memosisikan kendaraan sebagai prioritas jangka panjang. Mereka ingin mobil kesayangannya tetap bisa dipakai 5-10 tahun ke depan tanpa kendala berarti. Kemudian, saat dijual kendaraan tersebut tidak mengalami penurunan signifikan.

Atas pertimbangan itu maka Toyota meluncurkan Avanza sebagai kendaraan masyarakat Indonesia. Toyota pun sukses mewujudkan mimpi konsumen di Tanah Air dengan menjadikan Avanza sebagai kendaraan fenomenal mobil "Sejuta Umat". Hampir di setiap sudut jalan Avanza dapat ditemui.

Sejak kehadirannya pada 2004, Toyota Avanza berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia sehingga menjadi tulang punggung pertumbuhan pasar segmen low MPV. Dalam waktu kurun 10 tahun tepatnya pada Maret 2013, angka penjualan Avanza berhasil menempuh angka 1 juta unit, rekor penjualan yang sulit dipecahkan.

Baca juga
:

11 Line Up Grand New Avanza dan Veloz Resmi Diluncurkan

Ini Harga Resmi Grand New Avanza dan Veloz

Spesifikasi Toyota Grand New Avanza dan Veloz
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8972 seconds (0.1#10.140)