Suzuki Kenalkan Teknologi Smart Hybrid Vehicle dengan Sistem Sederhana

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 12:10 WIB
Suzuki Kenalkan Teknologi Smart Hybrid Vehicle dengan Sistem Sederhana
Suzuki Kenalkan Teknologi Smart Hybrid Vehicle dengan Sistem Sederhana
A A A
TANGERANG SELATAN - Pamer teknologi terus dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 oleh PT Suzuki Indomobil Sales membocorkan mengenai teknologi hibrid miliknya. Teknologi ini rencanannya akan dibenamkan di setiap varian terbaru Suzuki dengan sebutan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Doni Saputra selakuku Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengungkapkan bahwa perbedaan hibrid Suzuki dengan merek lainnya, SHVS memiliki prinsip kerja yang sangat sederhana. Rangkaian sistem terdiri dari sebuah ISG (integrated starter generator), yang menghasilkan tenaga menggunakan motor.

Energi yang terbuang dalam sistem ini bisa dimanfaatkan kembali oleh sistem hibrid. Sistem dipadukan dengan baterai ion lithium yang membuat proses regenerasi energi yang terbuang saat pengereman bisa cocok untuk sebuah mobil kecil. Hasilnya konsumsi BBM yang irit pun bisa didapatkan.Berbagai keunggulan juga bakal diberikan di dalam mobil hibrid terbaru Suzuki yang satu ini.

"Seperti Engine auto-stop, jadi saat lampu merah bisa berhenti sendiri. Start engine, saat kendaraan berhenti lama mesin mobil dan motor listrik bisa mati secara otomatis. Sehingga konsumsi ditekan dengan tenaga akselerator," ujar Doni.

Dirinya menambahkan, saat deselerasi, pengereman atau kurangi kecepatan tenaga akan disalurkan ke baterai.Alasan mengapa Suzuki lebih memilih hybrid, karena menurutnya hibrid yang satu inilebih terjangkau untuk konsumen.

"SHVS sangat simpel, kita tetap menggunakan mesin, baterai. Dan nantinya mereka akan mempelajari sendiri, dimana kapan kendaraan butuh penggerak dari mesin bensin atau butuh tenaga dari baterai. Dijamin teknologi ini bakal lebih efisiensi bahan bakar," tambahnya.

Sedangkan mesin yang bakal digunakan untuk teknologi mobil semi listrik ini ialah mesin diesel 1.3 DDi. Suzuki juga mempunyai pilihan untuk mesin bensinnya, dengan kapasitas 1.2 liter. Sebagai informasi mesin SHVS ini masih studi, saat ini perkenalan produk, harapan Suzuki teknologi ini bisa meluncurkan di Indonesia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7193 seconds (0.1#10.140)