Pemerintah Siap Amankan Pasar Industri Dalam Negeri

Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:31 WIB
Pemerintah Siap Amankan Pasar Industri Dalam Negeri
Pemerintah Siap Amankan Pasar Industri Dalam Negeri
A A A
JAKARTA - Industri automotif merupakan industri strategis yang memerlukan dukungan dari Pemerintah untuk meningkatkan daya saing di pasar global. Performa industri automotif tanah air sempat mengalami penurunan pada semester pertama sebanyak 20% dan akhirnya membaik menjelang akhir tahun. Untuk memajukan Industri automotif di Indonesia, Pemerintah terus melakukan dukungan melalui pemberian insentif terhadap para pelaku industri.

"Sebenarnya Pemerintah itu sederhana, selama ada investasi yang terus meningkat kemudian terbukanya lapangan pekerjaaan maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak memberikan insentif. Karena dalam hal ini Pemerintah juga harus melihat dari sisi peningkatan ekonomi dan juga sisi peningkatan lapangan kerja," ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, Kamis (29/10/2015).

Gusti menambahkan, Pemerintah hanya bisa memberikan insentif baik dalam bentuk fiskal ataupun non fiskal dan hal lain bentuk dukungan pemerintah itu terkait dengan pengamanan pasar.

"Pada era memasuki pasar bebas seperti saat ini perlunya pengaman pasar yang dilakukan oleh Pemerintah agar industri dalam negeri tidak jadi korban. Sebab bagaimanapun juga industri dalam negeri sudah memberikan dampak ekonomi yang luar biasa," pungkasnya.

Menurutnya pemerintah bertugas untuk mengamankan pasar dalam negeri sebagai basis produksi. Sebab biar bagaimanapun industri dalam negeri butuh pasar yang aman sebagai dasar berpijak untuk menuju pasar internasional.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9261 seconds (0.1#10.140)