Toyota Masih Setia Gunakan Kantung Udara Takata

Jum'at, 06 November 2015 - 17:41 WIB
Toyota Masih Setia Gunakan Kantung Udara Takata
Toyota Masih Setia Gunakan Kantung Udara Takata
A A A
TOKYO - Toyota Motor Corp tidak akan meninggalkan Takata Corp sebagai pemasok inflators kantung udara, hal ini dikatakan presiden Toyota yaitu Akio Toyoda pada Jumat (6/11/2015). Ini dilakukan untuk membatu pemulihan saham pembuat suku cadang mobil ini yang terkena skandal dan mengalami kerugian 'tajam'.

Seperti dikatakan Akio Toyoda kepada wartawan, mobil terlaris di dunia ini tidak lagi menggunakan inflators Takata yang berisi amonium nitrat - bahan kimia yang mudah menguap.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (6/11/2015), namun akan mempertimbangkan bahan lain yang lebih aman digunakan Takata.

"Bahkan jika mereka dibuat oleh Takata, kami berniat untuk mengambil inflators lainnya selama kita bisa memastikan keselamatan mereka," katanya pada konferensi pers.

Terkait masalah Takata mengenai kasus airbag, Honda Motor Co yang memiliki saham kecil di Takata, mengatakan tak lagi menggunakan inflators amonium nitrat untuk kantong udara kursi depan buatan Takata.

Sedangkan Mazda Motor Corp pada hari Kamis mengatakan akan drop semua inflators Takata mengandung amonium nitrat dari mobil baru. Subaru pembuat Fuji Heavy Industries Ltd dan Mitsubishi Motors Corp mengatakan mereka sedang mempertimbangkan melakukan hal yang sama.

Sebagai informasi, Takata terganjal kasus inflators dapat meledak dengan terlalu banyak semprotan fragmen logam di dalam mobil yang bisa berakibat fatal bagi pengemudi. Dari kejadian ini produsen mobil yang menggunakan produk Takata melakukan recall besar-besaran. Bahkan sudah menyebabkan korban meninggal sebanyak 8 orang.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8300 seconds (0.1#10.140)