Konsumen Mobil Bekas, Waspada Pedagang Nakal

Kamis, 12 November 2015 - 20:39 WIB
Konsumen Mobil Bekas, Waspada Pedagang Nakal
Konsumen Mobil Bekas, Waspada Pedagang Nakal
A A A
JAKARTA - Membeli mobil bekas memang agak riskan dan membutuhkan ketelitian bagi para calon pembeli. Walaupun calon pembeli sudah berusaha seteliti mungkin, masih saja ada yang kecolongan saat membeli mobil bekas.

Seperti diakui oleh salah seorang pedagang mobil bekas di kawasan Kota Bekasi, Martha P. Dirinya mengakui, ada saja oknum yang melakukan hal-hal jail asalkan mobil yang ada tetap laku terjual.

"Kalau dari bagian mesin, terkadang memang ada pedagang mobil bekas yang menggunakan oli gardan untuk menyamarkan suara mesin karena memang oli tersebut lebih kental jadi suara menggelitik pada mobil tidak terdengar," ucap Martha kepada Sindonews, Kamis (12/11/2015).

Parahnya, dia menambahkan, ada juga yang menggunakan pisang utuh dimasukkan ke gear box. Pasalnya, setelah pisang hancur, campurannya akan menjadi kental dan meminimalisir suara gesekan. Namun tidak akan berlangsung lama, jadi lambat laun juga pasti akan ketahuan aslinya.

"Selain itu, kita juga perlu membuka kap mesin, hal ini guna melihat apakah mobil pernah mengalami tabrakan yang cukup fatal atau tidak. Biasanya, hal tersebut dapat terlihat dari cassis mobil yang sudah tidak lurus lagi," ungkap Martha.

Dia juga menjabarkan pentingnya memperhatikan jika terdapat mobil yang memiliki wangi-wangian aneh. Hal tersebut biasanya untuk menutupi aroma lembab pada mobil yang pernah terendam banjir.

"Untuk itu, diperlukan kejelian dari calon pembeli dan coba bandingkan dengan aroma interior mobil sejenisnya, karena tidak mungkin mobil memiliki aroma wewangian layaknya parfum," tutup Martha.

Baca:
Tips Beli BMW Bekas
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7620 seconds (0.1#10.140)