12 Kelebihan Membeli Mobil Bekas di 2023

Kamis, 22 Juni 2023 - 21:14 WIB
loading...
12 Kelebihan Membeli Mobil Bekas di 2023
Kelebihan membeli mobil bekas di 2023 penting dipahami. Foto: dok Antara
A A A
JAKARTA - Kelebihan membeli mobil bekas di 2023 penting dipahami. Terutama, untuk mereka yang masih ragu apakah ingin membeli mobil bekas atau malah mobil baru.

Faktanya, mobil-mobil populer Jepang yang memiliki merek kuat di Indonesia tetap mengalami depresiasi harga 10 persen per tahun. Angka itu akan lebih besar lagi untuk mobil Eropa dan Amerika atau model yang kurang begitu laris.

Untuk itu, membeli mobil bekas bisa jadi opsi yang lebih menguntungkan dibandingkan mobil baru. Tentu, tetap ada risikonya. Selama risiko tersebut bisa diminimalkan, bakal banyak sekali penghematan yang bisa didapat.

Nah, berikut adalah beberapa kelebihan membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru di 2023:

1. Harga Lebih Murah

Kelebihan kredit mobil bekas dibandingkan mobil baru tentu saja harga jauh lebih murah. Bahkan untuk pemakaian antara 3-5 tahun sekalipun. Hal ini dikarenakan mobil merupakan aset yang akan mengalami penyusutan nilai seiring bertambahnya usia.

Beberapa merek mobil bahkan harganya turun jauh dibandingkan barunya. Ini bisa jadi pertimbangan konsumen untuk memilih model sesuai kebutuhan dan harga yang pas.

2. Kualitas Masih Bagus

Memang banyak yang enggan membeli mobil bekas karena takut “zonk” atau mendapatkan mobil dalam kondisi rusak berat, kilometer tidak sesuai, atau bahkan bekas tabrakan. Alhasil, alih-alih berhemat, jumlah biaya perbaikan yang dikeluarkan justru lebih mahal.

Karena itu, konsumen bisa memitigasi untuk mendapatkan mobil yang “zonk” tadi dengan banyak cara. Mulai menggunakan layanan inspeksi mobil, pengecekan langsung ke bengkel, atau membeli dari sumber terpercaya. Banyak mobil bekas yang kondisi masih sangat bagus dan terawat yang ujungnya bikin hemat.

3. Dana Sisa Bisa Dialokasikan untuk Kebutuhan Lain

Banyak mobil bekas yang harganya sangat terjangkau dan masih sangat nyaman dipakai untuk transportasi harian. Misalnya di kisaran Rp100 juta-Rp150 jutaan. Beberapa penjual juga menawarkan pembeli kredit.
Ini cocok untuk pemilik dana yang terbatas. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk alokasi lain yang sama atau bahkan lebih penting. Atau, Anda tidak perlu kredit dan menggunakan dana secukupnya saja.

4. Penyusutan Harga Tak Signifikan

Keuntungan membeli mobil bekas adalah tingkat penyusutan yang tidak signifikan atau setidaknya lebih rendah dibanding mobil baru. Artinya, kerugian biaya penyusutan yang Anda tanggung lebih kecil. Harga jual mobil bekas relatif lebih stabil atau bahkan sama dengan harga beli karena tak mengalami penyusutan yang signifikan.

5. Bisa Langsung Dipakai

Keuntungan membeli mobil bekas tentu saja bisa langsung Anda pakai setelah proses pembelian selesai. Ini berbeda dengan saat Anda membeli mobil baru karena harus menunggu berbagai dokumen kendaraan selesai diurus. Termasuk juga menunggu stok mobil yang dibeli tersedia (inden).

6. Pilihan Lebih Bervariasi

Pasar mobil bekas menawarkan pilihan yang lebih luas karena Anda tidak terbatas pada model terbaru saja. Anda dapat menemukan mobil dengan model yang sudah dihentikan produksinya atau varian yang mungkin tidak lagi tersedia di pasar mobil baru. Atau bahkan model langka yang unik.

7. Biaya Asuransi Lebih Rendah

Premi asuransi mobil bekas cenderung lebih rendah dibandingkan mobil baru. Karena harga kendaraan yang lebih rendah, risiko perusahaan asuransi juga lebih kecil, sehingga premi asuransi lebih murah.

8. Biaya Registrasi yang Lebih Kecil

Biaya registrasi dan pajak kendaraan sering kali berdasarkan harga jual, sehingga dengan membeli mobil bekas yang memiliki harga lebih rendah, Anda akan membayar biaya registrasi dan pajak yang lebih rendah juga.

9. Mengetahui Kekurangan dan Masalah

Dengan membeli mobil bekas, kekurangan dan masalah pada model tertentu mungkin sudah diketahui. Anda dapat mencari informasi tentang masalah umum yang dialami oleh mobil tersebut dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

10. Negosiasi Harga Lebih Fleksibel

Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bernegosiasi harga dengan penjual. Terutama jika mobil memiliki kekurangan atau perlu perbaikan, Anda dapat menggunakan informasi ini sebagai dasar untuk menawar harga yang lebih rendah.

11. Fitur Lebih Tinggi

Dengan anggaran yang sama, Anda mungkin dapat membeli mobil bekas dengan fitur yang lebih tinggi atau kelas yang lebih tinggi daripada jika membeli mobil baru dengan anggaran yang sama.


12. Membeli Mobil yang Langka atau Klasik

12 Kelebihan Membeli Mobil Bekas di 2023

Jika Anda adalah penggemar mobil klasik atau mobil langka, membeli mobil bekas memberi Anda kesempatan untuk menemukan model yang mungkin tidak lagi diproduksi dan sulit ditemukan di pasarmobilbaru.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)