Spesifikasi Baru Suzuki GSX-RR MotoGP, Bikin Gelisah Honda dan Yamaha

Rabu, 18 November 2015 - 19:40 WIB
Spesifikasi Baru Suzuki GSX-RR MotoGP, Bikin Gelisah Honda dan Yamaha
Spesifikasi Baru Suzuki GSX-RR MotoGP, Bikin Gelisah Honda dan Yamaha
A A A
MILAN - Suzuki resmi mengungkapkan salah satu jagoannya yaitu GSX-RR MotoGP untuk musim balap 2016, yang dipamerkan di EICMA, Milan, Italia. Beberapa perubahan terdapat pada bodi, namun lebih dari itu, performa juga diklaim naik.

Suzuki rupanya ingin membuktikan ketangguhan produknya di gelaran MotoGP 2016 dengan motor terbarunya Suzuki GSX-RR. Bisa jadi ini merupakan salah satu strategi untuk mendongkrak penjualan motor Suzuki, seperti yang dilakukan rivalnya Yamaha dan Honda.

Tampil dengan warna khas biru kehijauan dengan kombinasi kuning tetap dipertahankan. Tak banyak perubahan dengan edisi dua tahun sebelumnya. Garis kuning yang melingkar di batok kepala kini dibuat lebih dinamis dengan bentuk garis tajam.

Tulisan ”Suzuki” pada bodi tetap mendominasi. Namun jangan salah dibalik fairing, pabrikan Jepang ini telah menggunakan girboks seamless membuat perpindahan gigi semakin halus. Ini artinya setara seperti yang digunakan Honda dan Yamaha yang lebih dulu sukses mengadopsinya. Diyakini hal ini menaikkan performa meski belum ada detail informasi angka pasti.

Seperti dilansir dari motoGP, Rabu (18/11/2015) Eiji Mochizuki, GM of Motorcycle Operations Suzuki mengungkapkan bahwa tim Suzuki Ecstar berburu kemenangan dengan jagoan balapnya yaitu Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Davide Brivio juga akan tetap menjadi manajer tim.

Baca juga: Keluarkan Motor Anyar, Suzuki Tebar Ancaman di MotoGP 2016

”Pada musim depan kami memberikan mesin terbaik melalui GSX-RR untuk Maverick dan Aleix yang akan bersaing dengan pembalap terdepan. Dan memberikan senyum untuk para fans Suzuki,” ujar Mochizuki.

Beberapa perubahan, terhadap kuda besi Suzuki sangat signifikan. Meskipun menggunakan mesin datar 180 derajat namun masih akan 'menjerit' dalam sirkuit. Suzuki GSX-RR telah dilengkapi dengan Ride-by-wire, mempunyai sistem kontrol 10 tingkat traksi yang bisa disesuaikan. Selain itu juga dibenamkan Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS) serta ABS elektronik.

Pihak Suzuki sendiri masih belum mengungkapkan secara gamblang detai perubahan. Namun bila melihat hal di atas sudah cukup signifikan perubahan yang dilakukan untuk 'mengancam' para rival di sirkuit MotoGP.

Sebagai informasi perbandingan ini spesifikasi Suzuki GSX-RR 2015 yang digunakan di ajang MotoGP tahun ini:
Overall PxLxT: 2,096mm x 720mm x 1,140mm.
Wheelbase: 1,457mm .
Engine type: Water-cooled, four-stroke in-line four-cylinder, DOHC four-valve.
Displacement: 1,000cm3.
Maximum output: Over 169kw (230PS).
Maximum speed: Over 330km/h .
Gearbox: Six-speed (cassette type).
Frame type: Twin-spar aluminum.
Tyres (front/ rear): 16.5in/16.5in .
Front suspension: Öhlins, inverted fork.
Rear suspension: Öhlins.
Brake (front/ rear): Carbon disk/ steel disk, Brembo
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3274 seconds (0.1#10.140)