China Bikin Drone Berpenumpang

Jum'at, 08 Januari 2016 - 00:48 WIB
China Bikin Drone Berpenumpang
China Bikin Drone Berpenumpang
A A A
PEMBUAT pesawat tak berawak (drone) asal China, Ehang, meluncurkan pesawat drone pertama di dunia yang mampu membawa satu penumpang. Kehadirannya diharapkan membantu mencapai impian dari industri penerbangan untuk menempuh jarak pendek-menengah secara otomatis.

Dilansir dari Xinhuanet, Kamis (7/1/2016), Ehang 184 bertenaga listrik itu diresmikan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas. Drone ini mampu membawa penumpang tunggal yang beratnya mencapai 100 kg untuk penerbangan 23 menit di permukaan laut pada kecepatan 100 km per jam.

Setelah menetapkan rencana penerbangan, penumpang hanya perlu mengirimkan dua perintah: "take off" dan "landing", masing-masing dikendalikan cukup satu klik pada tablet yang menyertainya. Tidak perlu untuk landasan pacu, karena drone lepas landas dan mendarat secara vertikal.

"Karena 184 ini memiliki navigasi otomatis, dimungkinkan dapat beroperasi 24/7. Secara real-time, penumpang tidak perlu lisensi untuk mengendalikan drone. Mereka hanya duduk dan membiarkan drone mengambil alih," ucap perwakilan perusahaan berbasis Guangzhou itu dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan, realisasi pertama dari penerbangan otomatis menandakan titik balik utama tidak hanya untuk industri transportasi, tetapi juga untuk bidang lain seperti pengiriman, perawatan medis dan ritel.

Untuk keselamatan, Ehang mengatakan, drone telah membangun bala bantuan untuk semua sistem penerbangan, sehingga dalam hal tidak mungkin bahwa komponen yang gagal, dapat mulus mengambil alih.

Jika ada kerusakan selama penerbangan, misalnya, dari burung, drone otomatis akan menentukan apakah perlu mendarat untuk memastikan keselamatan penumpangnya. Dalam keadaan darurat, penumpang juga dapat memilih untuk menghentikan penerbangan dan hanya melayang-layang di udara hanya dengan satu kali klik.

Co-founder dan Chief Marketing Officer Ehang, Derrick Xiong mengatakan kepada Xinhua, bahwa perusahaannya berencana menjual drone akhir tahun ini seharga USD200.000 sampai USD300.000 atau sekitar Rp2 miliaran sampai Rp4 miliaran per unit. Dan sebagai langkah awal mungkin hanya digunakan di tempat-tempat yang ditunjuk seperti sebagai kawasan wisata.

"Tapi pada akhirnya, kami berharap orang-orang dapat menggunakannya sebagai sarana transportasi untuk perjalanan pendek-menengah-jauh," pungkasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3043 seconds (0.1#10.140)