Jual Beli Mobil Bekas Melemah

Jum'at, 08 Januari 2016 - 01:34 WIB
Jual Beli Mobil Bekas Melemah
Jual Beli Mobil Bekas Melemah
A A A
PALEMBANG - Turunnya harga jual komoditas hasil perkebunan di Sumatera Selatan (Sumsel), berpengaruh kepada lemahnya daya beli mobil bekas. Marketing CV Candi Motor Showroom Jual Beli Mobil Bekas, Rudi menjelaskan, karena turunnya harga karet dan kelapa sawit, berdampak kepada omzet penjualan. Bahkan, kondisi itu terjadi sejak tahun 2015 hingga awal tahun 2016 di Januari ini.

“Mulai dari tahun 2015 kita hanya mampu menjual kendaraan sekitar 52 saja. Tahun 2014 karena harga sawit dan karet bagus, angka penjualan kita mencapai 100 unit kendaraan,” kata Rudi.

Di tahun 2016 ini, Rudi masih sangsi penjualan mobil bekas kembali sehat seperti dua tahun lalu. Karena sejak masuk awal bulan sampai sekarang, tidak satu pun kendaraan berhasil dijualnya.

“Sampai sekarang juga, belum ada dampak pemulihan karena sejak Januari ini belum ada penjualan. Mungkin baru awal bulan, semoga di tahun 2016 tidak sama seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, konsumen pembeli mobil bekas Rudi, notabene berasal dari luar Kota Palembang, seperti Kayu Agung, Sekayu dan daerah lainnya. Para pembeli tersebut biasa membeli kendaraan untuk dipakai sendiri dan membuat usaha travel sebagai alat angkutan dari daerah ke Kota Palembang.

“Semua jenis mobil kita jual disini, harganya bervariasi tergantung merek, tahun dan tipe mobil. Biasanya, orang daerah membelinya untuk dipakai sendiri atau travel,” ujarnya.

Masih di kawasan Veteran ditemui terpisah Marketing Sejaterah Motor Showroom Jual Beli Mobil Bekas, Mira mengakui, di awal bulan hanya bisa menjual kendaraan sebanyak tiga unit saja. Itu pun pembeli berasal dari Kota Palembang bukan dari kawasan daerah Sumsel yang biasa menjadi konsumen tetapnya.

“Hanya ada beberapa mobil saja yang bisa kami jual itu saja orang Palembang yang beli. Biasanya banyak dari daerah yang membeli mobil bekas,” keluhnya.

Tidak hanya pembelian saja, penjualan mobil bekas juga tidak didapatkan Mira selama awal tahun ini. Ia berharap ekonomi kembali stabil agar jual beli mobil bekas tidak kembali lemas. Tidak hanya itu saja, pengunjung yang datang hanya untuk melihat-lihat kendaraan ,juga sulit sekali terlihat selama lemahnya ekonomi masyarakat Sumsel. “Harapan kami ekonomi stabil penjualan kita kembali meningkat,” harapnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2363 seconds (0.1#10.140)