Ford Hengkang, Pemilik Mobil Andalkan Onderdil KW

Selasa, 26 Januari 2016 - 14:22 WIB
Ford Hengkang, Pemilik Mobil Andalkan Onderdil KW
Ford Hengkang, Pemilik Mobil Andalkan Onderdil KW
A A A
SURABAYA - PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi menyatakan cabut dari Indonesia. Namun, sejumlah pemilik mobil produksi Amerika itu mengaku tidak khawatir terkait ketersediaan onderdil, khususnya di wilayah Surabaya. (Baca: Setelah Chevrolet, Kini Giliran Ford Akan Tinggalkan Indonesia).

Salah satu pengguna mobil Ford Lutfil Hakim mengaku, selama ini memang tidak kesulitan untuk mencari onderdil mobil Ford. Pengguna mobil Ford Everest tahun 2003 ini tidak pernah menggunakan onderdil-onderdil dari dealer resmi Ford di Surabaya. Dia mendapatkan oderdil KW di kawasan jalan Kedung Doro.

"Saya sering mendapatkan onderdil dari situ. Meski ada yang bilang itu produk KW tapi cocok dan harganya enggak mahal. Empat tahun megang mobil Ford saya belanja onderdil dari situ," kata Lutfi, Selasa (26/1/2016).

(Baca: Layanan Servis, Suku Cadang dan Garansi Ford Masih Normal)

Dia mengatakan, ketika Ford Indonesia menyatakan tidak beroprasi lagi, tentunya pengguna mobil tersebut resah. Namun, keresahan itu bukan karena masalah suku cadang atau onderdil. Tapi lebih kepada purna jual mobil tersebut, karena akan membuat mobil ini jatuh di pasaran.

Tapi, kata Lutfi, selama ini pengguna mobil Ford memang berbeda dibanding pengguna merek lain. Pasalnya, pengguna mobil Ford ini masuk kategori user sehingga mobil tersebut kecil kemungkinan untuk dijual kembali. "Pengguna Ford ini beda. Karena mobil ini untuk user, bukan untuk dijual kembali," katanya.

Lutfi yang sudah empat Tahun mengendarai mobil ini, hampir tidak ada kendala dengan onderdil mobil. Ketika mobil tumpangannya itu bermasalah, dia langsung datang ke kawasan Kedung Doro. Dan ternyata, setiap oderdil yang dibutuhkan selalu ada.

"Malahan penjual di sana pernah bilang, Ford saja kalau butuh onderdil lari ke sini. Saya enggak pernah cari onderdil ke dealer resminya Ford di Surabaya," pungkasnya. (Baca: Ford Kabur, BKPM Klaim Tak Pengaruhi Investasi Automotif).

Seperti diketahui, Agen Pemegang Merek (APM) PT Ford Motor Indonesia resmi mengumumkn berhenti operasi mulai paruh kedua tahun ini di Indonesia. Penutupan ini dilakukan dalam bentuk FMI menghentikan penjualan serta impor resmi semua kendaraan asal Amerika itu.

Baca Juga:

Selain Indonesia, Ford Juga Angkat Kaki dari Jepang

Ford Indonesia Hentikan Impor Kecuali yang Sudah Dipesan

Ford Hengkang karena Tidak Bisa Bersaing

Menperin: Kepergian Ford Tak Pengaruhi Industri Automotif Nasional
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7359 seconds (0.1#10.140)