Produk Tata Siap Bila Diberlakukan Euro 4

Kamis, 07 April 2016 - 23:26 WIB
Produk Tata Siap Bila Diberlakukan Euro 4
Produk Tata Siap Bila Diberlakukan Euro 4
A A A
JAKARTA - Bila rencana pemerintah akan memberlakukan kewajiban untuk menggunakan standarisasi Euro 4, Pihak Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) siap dan tidak mempermasalahkan. Meskipun saat ini di Indonesia menggunakan kualitas Euro 2, tanpa melalui Euro 3.

Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta, menjelaskan jika ada perubahan aturan, produk impor dari India akan disesuaikan dengan kondisi yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

“Harus diakui, Indonesia sedikit tertinggal dari standar emisi. Jadi saya yakin nantinya pemerintah akan memutuskan Indonesia pindah ke Euro 3 atau Euro 4 karena Thailand sudah euro 4. Mereka harus bergerak,” ujar Biswadev, Kamis (7/4/2016).

Seperti diketahui, semua unit kendaraan Tata yang ada di Indonesia masih didatangkan dari dari India. Khusus untuk model niaga semuanya menggunakan mesin diesel dipesan khusus sesuai Euro II.

“Kami sengaja bawa kendaraan Euro 2 ke Indonesia, karena kalau Euro 4 tentu bermasalah. Saat nanti Indonesia beralih ke bahan bakar Euro 4, kami sudah siap membawa produk baru. Tentunya kita akan melakukan penyesuaian harga” tambah Biswadev.

Di negara asalnya yaitu India, Tata Motors memproduksi kendaraan Euro 4 dan Euro 3, keduanya dijual domestik dan ekspor. Di India pemberlakuan aturan tergantung lokasi alias tidak semua sama. Euro 4 diberlakukan di kota-kota besa seperti Delhi dan Mumbay. Sementara kota-kota kecil menggunakan menggunakan Euro 3.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1072 seconds (0.1#10.140)