Waspada Radiasi Handphone Dapat Sebabkan Kanker

Senin, 30 Mei 2016 - 13:30 WIB
Waspada Radiasi Handphone Dapat Sebabkan Kanker
Waspada Radiasi Handphone Dapat Sebabkan Kanker
A A A
WASHINGTON - Kabar akan bahaya radiasi yang dipancarkan oleh perangkat smartphone memang telah lama berhembus, dimana radiasi yang dihasilkan oleh perangkat pintar tersebut dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Taxicology Program mengungkap korelasi penggunaam perangkat smartphone dengan penyakit kanker.

Uji coba ini dilakukan terhadap tikus jantan yang terkena pancaran frekuensi dari smartphone. Dalam hal ini tikus-tikus jantan tersebut diatur untuk terkena radiasi perangkat ponsel selama 9 jam sehari.

Hasilnya sebanyak Sebelas dari 540 tikus memiliki perkembangan tumor otak ganas. Sedangkan 19 dari 540 tikus memiliki pertumbuhan tumor jantung yang juga dapat ditemukan pada saraf akustik. Sementara hal ini tidak ditemukan pada kelompok tikus yang tidak terkena radiasi.

Penggunaan tikus sendiri dikarenakan karakter biologis dan tingkah lakunya mirip dengan manusia. Bahkan penyakit manusia juga bisa dimasukkan ke dalam tubuh tikus. Selain itu, struktur gen yang mirip dengan manusia juga membantu hasil penelitian yang lebih akurat.

"Tentu saja kami tidak berharap radiasi non-ionizing menyebabkan tumor, namun tentu saja ini merupakan temuan yang tidak terduga. Hal ini merupakan contoh perlunya sebuah studi serius dalam mengevaluasi risiko kanker," ujar Otis Brawley, kepala medis American Cancer Society, sebagaimana dilansir Phone Arena, Senin (30/5/2016).

Uji coba tersebut dilakukan dengan radiasi sinyal pada perangkat GSM dan CDMA di kisaran 900 MHz untuk tikus besar dan 1.900 MHz untuk tikus ukuran kecil.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7424 seconds (0.1#10.140)