Jiplak Skuter Scomadi, Hanway Motor Digugat

Rabu, 01 Maret 2017 - 12:14 WIB
Jiplak Skuter Scomadi,...
Jiplak Skuter Scomadi, Hanway Motor Digugat
A A A
BANGKOK - Pabrikan skuter asal Inggris, tahun ini memastikan berdiri sendiri dengan memperkenalkan skuter baru Scomadi. Tak hanya itu bahkan Scomadi telah membuka pabrik produksi di Thailand.

Pakbrik yang diberi nama Marin Teknik, terletak di Samut Prakan, Thailand, dan perusahaan ini 80% dimiliki oleh Pimol Srivikorn dan adiknya Taya Teepsuwan, dengan pangsa 20% sisanya dimiliki oleh Scomadi.

Pembukaan pabrik produksi skuter di Thailand terjadi setelah ditemukan bahwa mitra manufaktur Scomadi Worldwide berselesih dengan Hanway motor di Changzhou, China yang memproduksi skuter hampir identik dengan model Scomadi, dengan nama "Royalloy".

Menurut direktur Scomadi Frank Sanderson, gugatan yang telah diajukan kepada Hanway, dan kontrak manufaktur telah dihentikan. Penjualan replika Scomadi tewrcatt 8.900 unit yang terjual di seluruh dunia pada tahun 2016.

Pabrikan Inggris yang didirikan 2005 itu telah banyak menawarkan produk skuter. Dan memang model-model awal Scomadi menggunakan mesin Piaggio.
Bikin Mesin Sendiri, Scomadi Ancam Vespa

Tahun 2013, Scomadi menawarkan mesin 400 cc, yang digunakan model bersosok legenda Italia, paduan Vespa dan Lambretta. Model 400 itu saat ini masih sebagai prototipe. Meski tampil klasik tetapi komponennya modern karena telah memenuhi standar emisi Euro4.

Dua konseptor Scomadi, Frank Sanderson dan Paul Melici membangun motor ini dengan mengusung style dan citra berkelas khas produk-produk Italia.

Kini sebuah fasilitas produksi baru di Thailand telah dibangun untuk menggenjot produksi yang diharapkan akan menghasilkan antara 400 sampai 500 skuter per minggu.

Tidak hanya membangun skuter standar fasilitas ini juga akan mengembangkan skuter berstandar emisi gas buang Euro4 yang menyandang mesin berkapasitas 250 cc, dengan enam percepatan, dilengkapi manual twist-shift performance.

Di Inggris model ini cukup populer karena dalam hitungan 6 bulan sudah 1.000 unit skuter terjual. Sampai saat ini jumlah populasi Scomadi antara 5.000 hingga 6.000 unit di seluruh dunia. Scomadi Turismo Leggera TL125 hadir dalam pilihan warna Magma Red, Onyx Black, Ocean Blue dan Ocean Blue/Magma Red. Sementara model SE menghadirkan warna Matte Grey dan edisi terbatas Chrome.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)