Suzuki Pastikan Produksi Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia

Kamis, 04 Mei 2017 - 21:43 WIB
Suzuki Pastikan Produksi Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia
Suzuki Pastikan Produksi Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia
A A A
JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan akan memproduksi varian kendaraan low MPV (multi purpose vehicle) Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia. Selain itu, mereka juga akan menghadirkan transmisi automatic (AT) untuk mobil ini.

Hal tersebut disampaikan 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra saat berbincang dengan media di IIMS 2017, JI Expo, Jakarta, Kamis (4/5/2017). Lalu, kapan mobil ini akan diluncurkan?

"Untuk varian Ertiga Diesel matic sudah dipastikan akan diproduksi di Indonesia dalam waktu dekat. Untuk waktunya akan memanfaatkan momen," ujar Donny, menanggapi pertanyaan wartawan, Kamis (4/5/2017).

Ditanya mengenai berapa harga mobil ini? Donny belum bersedia membocorkan. "Untuk harga belum bisa diinformasikan ya. Tunggu saja nanti. Salah satu tujuan kami untuk produk-produk yang dihadirkan bagaimana harga tidak naik dan diterima pasar dengan baik," jelasnya.

Seperti diketahui, Ertiga Diesel Hybrid diluncurkan perdana pada 7 Februari 2017. Mobil ini menggunakan mesin diesel berkode D13A dengan kapasitas mesin 1.300 CC DOHC. Ditambah teknologi DDiS (diesel direct injection system), mesin ini sanggup menyemburkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Tak ketinggalan sistem Hyybrid baru pun disematkan untuk menambah tingkat efisien bahan bakar.

Saat berkendara secara normal, mesin akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Pertama, sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan dalam fase deselarasi (perlambatan). Kedua, sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat ekselerasi.

Efek yang ditimbulkan adalah getaran mesin lebih halus pada saat restart dan konsumsi BBM pun semakin irit dibanding mesin konvensional. Dari tes jalan yang dilakukan di BT2MP-BPPT pada Januari 2017, jumlah konsumsi BBM New Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 km/liter.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9825 seconds (0.1#10.140)