Honda Uni-Cub, Alat Transportasi Personal Paling Nyaman

Kamis, 09 November 2017 - 08:14 WIB
Honda Uni-Cub, Alat Transportasi Personal Paling Nyaman
Honda Uni-Cub, Alat Transportasi Personal Paling Nyaman
A A A
TOKYO - Perkembangan teknologi personal mobility device (alat mobilitas pribadi) selalu menarik untuk diikuti. Sebab perangkat itu dikembangkan oleh banyak vendor dengan inovasi yang berbeda-beda.

Ada yang digunakan dengan berdiri, ada yang duduk, ada yang dirancang melaju cepat, ada juga berdesain menggunakan dua roda, tiga roda, dan seterusnya.

Nah, Uni-Cub β milik Honda adalah perangkat yang unik. Memiliki tiga roda dan digunakan dengan duduk. Ketika mengunjungi Honda Collection Hall di Motegi, Jepang, SINDOnews berkesempatan untuk mencoba langsung perangkat yang merupakan penyempurnaan dari Uni-cub pertama saat pertama kali dikenalkan pada Mei 2012 silam.

Honda Uni-Cub, Alat Transportasi Personal Paling Nyaman


Uni-cub β dirancang lebih kecil dan ringan. Dimensinya 510 x 315 x 620 milimeter (mm) dengan berat 25 kilogram (kg). Posisi duduk di versi baru ini direndahkan, berat pun ikut dipangkas.

Penyempurnaan juga dilakukan di desain dan material. Desain baru dirancang agar menciptakan rasa kesatuan antara pengguna dengan perangkat.

Material yang lebih empuk digunakan demi menambah kenyamanan dan mengurangi efek ketika perangkat berbenturan dengan orang atau objek. Saat tidak bergerak, Uni-cub β juga dapat berfungsi sebagai bangku.

Karena menggunakannya dengan duduk, jadi tidak perlu terlalu banyak keseimbangan. Hanya sedikit menyesuaikan posisi kaki dan badan. Pengendaliannya dilakukan dengan menggeser berat badan, memiringkan badan untuk bergerak ke kiri dan ke kanan, atau mencondongkan badan ke depan untuk maju.

Dibanding alat mobilitas personal lainnya, Uni-cub β terbilang istimewa karena memiliki fitur pengatur keseimbangan dan sistem Honda Omni Traction Drive. Sehingga alat bisa bergerak ke berbagai arah, tidak hanya maju-mundur. Bisa disimpulkan bahwa ini adalah alat mobilitas personal paling nyaman yang pernah dicoba dibandingkan model lain seperti Segway.

Honda Uni-Cub, Alat Transportasi Personal Paling Nyaman


Kecepatannya sendiri lumayan, maksimal 6 kilometer (km)/jam dan jarak jangkauan 6 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam pada kecepatan 4 km/jam. Sama seperti orang jalan cepat.

Jangkauannya hanya 6 km, karena Uni-cub β memang dirancang untuk penggunaan di dalam ruangan. Misalnya di ruangan kantor, gedung, atau bandara.

Honda sendiri sangat serius terhadap Uni-Cub β. Sejak Juni 2012, Honda telah menguji dan memverifikasi manfaat potensial Uni-cub β melalui demonstrasi yang diadakan bersama dengan National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan).

Uni-Cub β telah digunakan oleh staf Miraikan sebagai alat transportasi dan juga digunakan oleh pengunjung Miraikan dengan berbagai usia untuk berjalan-jalan mengelilingi museum.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7862 seconds (0.1#10.140)