ID42NER Pastikan Tipe Toyota Fortuner Setnov Sangat Aman

Jum'at, 17 November 2017 - 16:01 WIB
ID42NER Pastikan Tipe...
ID42NER Pastikan Tipe Toyota Fortuner Setnov Sangat Aman
A A A
JAKARTA - Selain tiang listrik, Mobil Toyota Fortuner yang digunakan Ketua DPR Setya Novanto mengalami kecelakaan lalu lintas di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (16/11/2017) turut menjadi perhatian. Apalagi Toyota Fortuner yang digunakan Setnov terbilang mobil yang sangat memberikan perlindungan pada penggunanya.

Diketahui bahwa Toyota Fortuner Setnov yang menabrak tiang listrik itu memiliki mesin diesel VNT 2.5 liter bertransmisi otomatis. Untuk mengatahui segi keamanan Toyota Fortuner, untuk mengetahui jenis spesifikasi SINDOnews mewawancai Saladin Bonaparta, Ketua ID42NER, Komunitas Toyota Fortuner yang sudah lama di Indonesia.

Menurut pria yang disapa Sata, Toyota Fortuner Diesek VNT sangat aman karena sudah dilengkapi fitur keamanan yang sangat mumpuni mulai dari dua Airbag kiri dan kanan dan sistem ABS alias Anti Lock Breaking System.

" Toyota Fortuner VNT sangat aman walau ditabrakan dari kecepatan 60km/jam. Itu berdasarkan pengalaman saya selama touring, mulai dari tabrakan dan terguling, seperti SINDOnews tahu ID42NER kalau gelar touring gimana," tutur Sata dalam wawancara saat wawancara kepada SINDOnews , Jumat (17/11/2017).

Secara teknis, Sata, pria yang biasa digandeng Toyota Astra Motor (TAM) untuk mengetes mobil-mobil keluaran Toyota sebelum dilempar kepasaran mengaku secara speksifikasi mobil ini aman karena tiap titik yang dibangun Toyota mulai dari depan hingga belakan sangat memperhatikan nilai keamanannya.

" Di dalam mobil Toyota Fortuner tak ada benda tumpul semua aman, secara teknis titik aman airbag sudah sangat ideal, jadi secara keseluruhan titik Airbag Fortuner rill aman, " tandas Sata

Toyota Fortuner dengan mesin diesel VNT, menjadi andalan Toyota untuk kelas Sport Utility Vehicle (SUV) medium di pasar automotif Indonesia. TAM ingin memperkuat pasar dengan menawarkan mesin diesel VNT, agar Fortuner makin bisa bersaing dengan kompetitor.

Secara standart, mobil ini telah dilengkapi dengan dua kelengkapan pengamanan utama yakni dual airbag di sisi kiri dan kanan kabin serta keberadaan ABS sebagai penghindar terkuncinya ban pada bagian depan dengan cakram berventilasi dan belakang leading- trailling drum.

Digunakan Fortuner diesel ini adalah Common Rail VN Turbo Intercooler (VNT) dengan kapasitas 2,5 liter. Mesin tersebut juga digunakan oleh varian double cabin, Toyota Hilux.

Dengan kapasitas mesin 2,5 liter Common Rail VN Turbo Intercooler, mesin mampu menyemburkan daya 144 PS. Daya ini lebih besar dibandingkan mesin diesel D4D 2,5 liter, yang hanya menghasilkan daya 102 PS.

Selain peningkatkan output, torsi juga terdongkrak dari hanya 26,5 kg-m menjadi 35 kg-m. Kendati mengalami peningkatan daya dan torsi, namun mesin diesel Coomon Rail VN Turbo Intercooler ini masih menawarkan efisiensi bahan bakar. Pada Hilux tercatat penggunaan bahan bakar mencapai 15,31 km per satu liter solar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1803 seconds (0.1#10.140)