Renault Minta Nissan dan Mitsubishi Tak Copot Carlos Ghosn

Minggu, 25 November 2018 - 09:53 WIB
Renault Minta Nissan dan Mitsubishi Tak Copot Carlos Ghosn
Renault Minta Nissan dan Mitsubishi Tak Copot Carlos Ghosn
A A A
TOKYO - Nissan ingin Renault dan Mitsubishi tetap solid meskipun CEO Nissan - Renault - Mitsubishi Alliance Carlos Ghosn tertangkap aparat hukum Jepang dengan dugaan penggelapan pajak.

Keputusan Nissan datang meski Renault mendesak perusahaan Jepang itu untuk menunda penghapusan Ghosn, menurut sumber yang diungkap Reuters.

Sejauh ini Renault telah mempertahankan Ghosn di posisi Chairman dan CEO perusahaan, menamai Thierry Bollore sebagai CEO interim, sementara Mitsubishi mengumumkan niatnya untuk mengikuti jejak Nissan dan memecatnya pada rapat dewan pekan depan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron angkat bicara terkait CEO Renault–Nissan–Mitsubishi Alliance Carlos Ghosn yang diduga terlibat dalam kejahatan keuangan di Jepang dan sudah ditangkap. Bahkan Carlos Ghosn harus mundur dari Renault setelah penangkapannya di Jepang.

Menteri Keuangan Bruno Le Maire mendesak produsen mobil untuk bergerak cepat untuk menunjuk tim manajemen sementara untuk mengendalikan renault

Ghosn, salah satu orang terkenal di industri otomotif, ditahan di Jepang pada hari Senin setelah Nissan mengatakan dia terlibat dalam pelanggaran termasuk penggunaan dana perusahaan untuk kepentingan pribadi dan tidak melaporkan pendapatannya selama bertahun-tahun. Nissan akan memecat Ghosn dalam rapat dewan besok.

"Carlos Ghosn tidak lagi berada di posisi di mana dia mampu memimpin Renault," kata Menteri Keuangan Bruno Le Maire kepada Radio Info Prancis.

"Namun, kami tidak mengklaim secara resmi mengundurkan Ghosn dari dewan manajemen karena alasan sederhana, kami tidak memiliki bukti dan kami mengikuti prosedur hukum yang tepat," tambah Le Maire.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8028 seconds (0.1#10.140)