Mundur dari Dewan Direksi Microsoft, Ini Profil Bill Gates

Minggu, 15 Maret 2020 - 09:35 WIB
Mundur dari Dewan Direksi Microsoft, Ini Profil Bill Gates
Mundur dari Dewan Direksi Microsoft, Ini Profil Bill Gates
A A A
REDMOND - Pendiri Microsoft Corp, Bill Gates, baru saja mengundurkan diri sebagai dewan direksi dari perusahaan yang telah dia bangun menjadi perusahaan teknologi paling bernilai di dunia.

Lalu bagaimana cerita Bill Gates hingga bisa membangun perusahaan teknologi raksasa sekelas Microsoft? Dihimpun SINDOnews dari berbagai sumber, berikut profile Bill Gates.

Bill Gates terlahir dengan nama William Henry Gates III di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955. Ayahnya William Henry Gates II merupakan seorang pengacara terkenal di Seattle, sedangkan ibunya, Mary Maxwell Gates, merupakan seorang dewan regensi University of Washington dan presiden wanita pertama United Way King County.

Bill Gates memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliahnya dan mulai memfokuskan dirinya untuk membangun Microsoft bersama sahabatnya Paul Allen. Gates tertarik dengan komputer sejak saat ia masih berusia belia. Perkenalannya dengan komputer terjadi ketika berusia 13 tahun.

Saat itu, Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer tersebut, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya.

Tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna. Dia juga menulis program komputer pertamanya di sini menggunakan bahasa pemrograman BASIC.

Dari sana, Bill Gates mempelajari sistem lain, termasuk sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Namun penggunaan komputer PDP-10 itu dibatasi waktu sehingga Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengembangkan sebuah bug pada sistem operasi tersebut untuk memperoleh waktu tambahan dalam penggunaan komputer.

Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas. Karena kemampuan mereka dalam memahami bahasa pemrograman CCC akhirnya mempekerjakan mereka untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dengan tambahan imbalan hak akses ke komputer.

Pada 1973 Bill lulus dari Lakeside School dengan nilai memuaskan. Dia diterima di Harvard College.

Selama kuliah, Bill selalu menghabiskan waktu dengan komputer kampusnya. Saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Bill dan Paul Allen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk memulai usaha perangkat lunak sendiri.

Bill kemudian membicarakan niatnya untuk membangun usaha perangkat lunak ini kepada orang tuanya yang kemudian didukung sepenuhnya oleh mereka. Pada 1975, Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak yang akhirnya menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Produk pertama Microsoft adalah adalah perangkat lunak BASIC yang dijalankan pada komputer Altair. Saat Bill dan Paul Allen membangun Microsoft, mereka memiliki misi "sebuah komputer di setiap desktop dan di setiap rumah" dan awalnya tampak tidak masuk akal bagi kebanyakan orang.

Namun saat ini, visi mereka telah terwujud. Bill selalu bersemangat bekerja di Microsoft dan akan selalu terlibat dengan perusahaan, termasuk perannya sekarang sebagai anggota dewan dan penasihat teknologi.

Gates menikahi Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka dikaruniai tiga orang anak Jennifer Katharine Gates , Rory John Gates , dan Phoebe Adele Gates.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9590 seconds (0.1#10.140)