Daihatsu Luxio belum dilengkapi fitur airbag dan ABS

Rabu, 19 Februari 2014 - 21:00 WIB
Daihatsu Luxio belum dilengkapi fitur airbag dan ABS
Daihatsu Luxio belum dilengkapi fitur airbag dan ABS
A A A
Sindonews.com - Waktu life cycle lima tahun cukup lama bagi sebuah mobil untuk tampil dengan wajah yang lebih segar. Salah satunya Daihatsu Luxio. Mobil people carrier andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tersebut akhirnya tampil dengan wajah yang lebih baru.

Mobil ini jadi semakin dewasa dan tampan. Ini sejalan dengan keinginan ADM yang menginginkan mobil ini jauh lebih stylish dan mewah dibandingkan Luxio terdahulu.

Menurut Domestic Marketing Division Head ADM, Rio Sanggau, dari hasil survei ditemukan bahwa perlunya perbaikan pada desain dan kenyamanan. "Yang tidak dimiliki oleh Luxio saat ini adalah desain dan kenyamanan," ujar Rio, Rabu (19/2/2014).

Karena itu, ADM melakukan sejumlah improvement terhadap MPV Luxio untuk memenuhi harapan pelanggannya. "Sejak diluncurkannya, Luxio mendapat sambutan baik dari masyarakat dengan jumlah produksi mencapai lebih dari 30 ribu unit dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia," kata Direktur Senior ADM, Tsuneo Itagaki.

Menurutnya, peluncuran Daihatsu New Luxio yang telah disempurnakan ini, merupakan wujud ADM dalam memenuhi keinginan pelanggan setianya. "Hal ini merupakan respon positif Daihatsu atas masukan dari pengguna setia Luxio," ujarnya.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, perombakan besar pun dilakukan. Mereka mengadopsi mobil konsep Daihatsu Quartett yang dibuat desainer andalan mereka Mark Widjaja. Nama Mark Widjaja ini tengah harum karena dia adalah desainer Daihatsu A Concept yang nantinya jadi basis dari mobil LCGC andalan Daihatsu, yakni Daihatsu Ayla.

Secara garis besar tampilan Daihatsu Luxio baru ini memang mirip dengan Daihatsu Quartett. Di bagian wajah dipasang gril krom yang lebih besar dan tegas serta ubahan pada bemper depan.

Jika Luxio sebelumnya memiliki bagian samping yang cenderung flat, kini berubah dengan hadirnya lekukan dinamis di wilayah seputar roda depan dan belakang, side body molding, ornamen krom dan pelapis rumah spion krom dengan lampu sein pada tipe X. Desain baru juga menyentuh bagian veleg roda.

Pada bagian belakang diwakili oleh spoiler berdesain baru dengan LED high mount stop lamp pada tipe X, lensa lampu yang jernih, garnish pada bagian pintu, bemper berdesain baru dengan reflektor plus muffler cutter.

Bagian interiornya kini hadir dengan kombinasi warna lebih gelap, dark and light grey, ornamen black piano dipadu silver pada center cluster, desain stir baru, dan upper tray sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Sementara, bagian jok juga dibuat lebih lebar dan tebal untuk menambah kenyamanan, dan hadirnya fitur one touch tumble dilengkapi cup holder pada armrest jok baris kedua di semua tipe.

Jika Anda cukup terpuaskan dengan tampilan interior dan eksterior, mungkin Anda tidak begitu terkesima dengan jantung mobil ini. Daihatsu Luxio masih mengadopsi mesin lama yakni mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i 1.5 liter.

Mesin ini memiliki tenaga maksimal 97 daya kuda yang seluruhnya disalurkan ke roda belakang. Bayangkan, dengan penambahan gincu yang semakin membuat bobot mobil lebih berat, tenaga yang dimiliki mobil ini malah tetap.

Untuk Tipe D (M/T) dibanderol dengan harga Rp157,55 juta, Tipe X (M/T) seharga Rp175,70 juta dan Tipe X (A/T) seharga Rp186,80 juta, mobil ini masih belum memiliki fitur keamanan airbag dan Antilock Braking System (ABS).

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra punya alasan tersendiri mengenai ini. Dari survei perusahaannya, fitur keamanan Airbag dan ABS belum menjadi alat kelengkapan yang diinginkan konsumen mobil serbaguna bawah (LMPV), khususnya varian semi-bonnet (tanpa moncong) seperti Daihatsu Luxio ini.

"Masyarakat masih menganggap fitur keamanan ini bukan yang utama, ini berdasarkan survei. Sebenarnya untuk memasang airbag dan ABS itu mudah dan kami punya, tapi jika konsumen tidak mau, bagaimana?" kata Amelia.

Jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, yakni Nissan Evalia yang awal tahun ini juga telah mengupgrade kelengkapannya, hal ini memang jadi disadvantages. Sebab varian tertinggi Nissan Evalia yakni Highway Star sudah dilengkapi dengan single airbag di palang kemudi dan sensor parkir.

Padahal seperti Daihatsu Luxio yang berbenah di sektor eksterior dan interior, Nissan Evalia juga melakukan hal yang sama. Hanya saja faktor keamanan tetap jadi pertimbangan yang perlu dilakukan.

Tapi Daihatsu Luxio baru ini memiliki tagline Taste the Flavour of New Excitement. Sesuai tagline tersebut, kelebihan mobil ini hanyalah apa yang dapat dipandang mata. Sedangkan unsur intrinsik yang dimiliki mobil ini kurang lebih tidak terasa sama sekali.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0349 seconds (0.1#10.140)