OLED, teknologi baru penerus LED

Senin, 14 April 2014 - 15:34 WIB
OLED, teknologi baru penerus LED
OLED, teknologi baru penerus LED
A A A
Sindonews.com - Setelah meluncurkan lampu laser yang diaplikasi ke mobil produksi masal, kini BMW memperkenalkan tipe baru pencahayaan untuk motor mereka. Organic light emitting diodes (OLED) merupakan teknologi penerus LED tradisional yang menyebarkan cahaya lebih baik dari pendahunlunya.

Diberitakan Engadget, Senin (14/4/2014) OLED menggunakan lapisan sangat tipis dari bahan organik electroluminescent, membuat OLeD daat memancarkan cahaya homogen yang menyebar lebih luas dari LED tradisional.

Lapisan OLED sangat tipis, yakni dikisaran 400 nanometer (1 nanometer sama dengan 1 juta milimeter). Lapisan tersebut kemudian terbungkus dalam kaca atau plastik. BMW mengklaim OLED sangat hemat energi, panas yang dihasilkan juga sangat rendah, sehingga pabrikan dapat menghilangkan unit pendingin yang mengatur suhu lampu agar tetap ideal.

Teknologi OLED disebutkan BMW masih dalam pengembangan, namun sudah dapat dilihat pada beberapa varian roda dua Bavaria tersebut. Termasuk pada BMW K1600GTL yang terlihat di foto.

"Saat ini OLED masih dalam pengembangan lebih lanjut, dan baru dipalikasi untuk lampu belakang. Unsur pencahayaan lain seperti lampu rem atau indikator masih diuji coba," tulis rilis resmi BMW yang dilansir Engadget.

"Susunan elemen OLED menciptakan efek pencahayaan tiga dimensi yang sangat menarik," tambah rilis tersebut.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7155 seconds (0.1#10.140)