Bila Dapat Insentif KIA Morning Bisa Lebih Murah

Selasa, 20 Mei 2014 - 17:51 WIB
Bila Dapat Insentif...
Bila Dapat Insentif KIA Morning Bisa Lebih Murah
A A A
KIA Mobil Indonesia (KMI) hari ini meluncurkan city car murah KIA Morning dengan kapasitas mesin 1000 cc. Bisa dikatakan ini salah satu strategi KMI melawan produk Low Cost and Green Car (LCGC) di Indonesia.

Jauh sebelum pemerintah membuat program LCGC, salah satu produk KIA yaitu Picanto menjadi raja untuk pasar city car di kota-kota besar seperti Surabaya, Bali dan Jakarta. Saat produk LCGC dilempar di pasaran, lambat laun Picanto mulai terkikis.

Hal ini menjadi salah satu alasan KMI untuk memboyong KIA Morning untuk dipasarkan di Indonesia. Angka tertinggi penjualan Picanto di tahun 2013 hingga 700 unit per bulan. Akan tetapi setelah kehadiran LCGC turun drastis hingga 60%.

KIA Morning yang dibandrol Rp128 juta diharapkan akan merebut kembali pasar city car dengan menargetkan penjualan 2000 unit sampai akhir tahun 2014.

Rupanya KMI tidak setuju bila mobil ini dikatakan pesaing LCGC, meskipun hargannya dirasa tidak beda jauh. Produk LCGC termurah seharga Rp76,5 juta (Daihatsu Ayla) dan yang tertinggi Rp121,25 juta (Toyota Agya).

"KIA Morning adalah sebuah city car, bukan mobil LCGC yang merupakan program pemerintah. Untuk menjadi LCGC kita belum ada rencana. Karena KMI bukan perusahan milik prinsipal, jadi kami tidak bisa menentukan. Hingga saat ini belum ada pembicaraan pinsipal untuk berencana buka pabrik," jelas Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono.

Akan tetapi dengan harga Rp128 juta, bila pihak KIA bertarung dengan melakukan investasi di Indonesia dan membuka pabrik maka insentif ala LCGC akan didapatkan. Tentunya harga KIA Morning bisa lebih murah lagi dengan kualitas yang cukup mumpuni.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2652 seconds (0.1#10.140)