Pasar Otomotif Indonesia Tunjang Industri Pendukung

Senin, 26 Mei 2014 - 19:58 WIB
Pasar Otomotif Indonesia Tunjang Industri Pendukung
Pasar Otomotif Indonesia Tunjang Industri Pendukung
A A A
JAKARTA - Kebangkitan pasar otomotif Indonesia beberapa tahun terakhir diyakini telah menjadi pemimpin pasar mobil terbesar di Asia Tenggara menggantikan Thailand.

Pertumbuhan kelas menengah semakin mendorong permintaan terhadap kendaraan murah serta ramah lingkungan. Selain itu, industri pendukung otomotif lainnya juga semakin bertumbuh dan saling menunjang.

Hal tersebut tergambarkan pada pelaksanaan pameran otomotif Auto Aftermarket Industry and Tuning Trade Fair (AAITF) Jakarta yang baru saja berakhir pada Jumat lalu (23/05) di JIExpo Kemayoran.

Indonesia ternyata menarik minat Tarsus Group menyelenggarakan pameran AAITF di luar Tiongkok, negara asal pameran ini. Pada saat pameran lalu, Project Director Tarsus Group, Peter Massey, mengungkapkan bahwa pasar modifikasi mulai serius dikembangkan di Tiongkok mulai 10 tahun lalu.

Dengan harga yang semakin kompetitif, modifikasi tidak hanya menjadi kegemaran orang-orang kaya saja, tetapi semakin merata di berbagai golongan. Hal ini ditunjang pula oleh produk-produk aftermarket dengan harga terjangkau yang semakin memanjakan para penggemar modifikasi.

Pemilihan Indonesia sebagai negara pertama berlangsungnya AAITF di luar Tiongkok ditunjang oleh posisi Indonesia sebagai pemimpin pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. Pasar Indonesia dianggap yang paling potensial dan menjanjikan.

“Pameran AAITF ini sendiri kami anggap menjadi salah satu acara pemanasan menjelang pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan berlangsung September mendatang. Para penggemar otomotif digiring untuk semakin mencintai industri ini, khususnya untuk aftermarket dan modifikasi,” jelas Andy Wismarsyah, Direktur Utama Dyandra Tarsus International pada keterangan tertulis untuk Sindonews, Senin (26/5/2014)

AAITF Jakarta secara sukses telah diselenggarakan selama tiga hari 21 – 23 Mei 2014 dengan menampilkan 22 exhibitor Indonesia dan 49 exhibitor asing.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)