Meski Murah Banyak Keunggulan KIA Morning

Rabu, 04 Juni 2014 - 13:29 WIB
Meski Murah Banyak Keunggulan KIA Morning
Meski Murah Banyak Keunggulan KIA Morning
A A A
SERANG - KIA Morning diposting untuk mengisi celah antara LCGC (Low Cost and Green Car). Dibanderol Rp128 juta, Morning menjadi varian city car termurah KIA yang bermain direntang harga Rp100-130 juta. Pabrikan mengklaim ada 8 alasan untuk membeli mobil asal Korea Selatan ini.

"Alasan pertama, desain modern, tidak seperti city car yang berbentuk kotak, Morning lebih kompak. Desain ini merupakan hasil dari Peter Stayer, desainer jebolan Audi," kata Arifiani Perbowo, GM Product Development KMI, di sela-sela acara media test drive di Anyer, Serang, Rabu (3/6/2014).

Alasan kedua lanjutnya, yakni terletak pada efisiensi bahan bakar. Hasil test interen KIA menunjukan city car ini mampu melaju 18,57km untuk setiap liter BBM dengan kadar emisi sebesar 99g CO2/liter. Beda tipis dengan LCGC yang diklaim mengkonsumsi 20Km/liter.

"Morning sudah mengadopsi dual CVVT. Ini yang pertama dikelas 1.000cc. Dimana kompetitor hanya mengandalkan mesin DOHC tanpa CVVT. Umur akan lebih panjang lantaran mesin bekerja tanpa dipaksakan," tambahnya.

Alasan ketiga mengacu pada ruang kabin. "Kursi baris dua dapat menampung tiga orang dewasa dan menawakan bagasi luas. Sedangkan alasan keempat, ruang kabin senyap. Sebab, dinding mesin ke kebin dibatasi 3 layer yang mengabsorbsi kebisingan" imbuhnya.

Alasan kelima, morning memiliki tekonologi tinggi di kelas city car. Dimana Electric Power Steering (EPS) bekerja mandiri. "Jika roda melayang dari tanah, setir akan berat, gunanya untuk menjaga kestabilan jika ban kembali menyentuh tanah," imbuhnya.

Enam, kenyamanan berkendara. "Selain AC, terdapat heater. Fitur yang hanya ada di kelasnya. Selain itu terdapat pula sistem hiburan dengan Mp3 player dari USB lengkap dengan Din radio," tambah pria yang akrab disapa Ape ini.

Selanjutnya, alasan ketujuh yakni keamanan berkendara. Dikelas city car, kecepatan mobil melaju sekitar 40-60kpj. Meski terbilang pelan, tingkat keamanan disediakan KIA dengan membuat 4 jalan yang menyebarkan energi jika terjadi benturan di bodi depan.

Terakhir, kualitas global. KIA mengklaim Morning memiliki kualitas dunia. Pasalnya tidak seperti kompetitor yang mengkhususkan diri membuat versi lokal, city car baru KIA dipasarkan secara global. Artinya mobil ini di bangun dengan mengikuti aturan mobil secara global.

"Morning sepenuhnya CBU. Kami memberi garansi 5 tahun. Garansi tidak terbatas pada pemilik pertama, pembeli kedua akan tetap merasakan garansi. Ketentuannya hanya berlaku jika servis di bengkel resmi dan mengikuti petunjuk resmi," tandas Perbowo.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7558 seconds (0.1#10.140)