Keluarnya Range Rover 3.0 Liter, Jawaban Kenaikan PPnBM

Jum'at, 06 Juni 2014 - 17:08 WIB
Keluarnya Range Rover 3.0 Liter, Jawaban Kenaikan PPnBM
Keluarnya Range Rover 3.0 Liter, Jawaban Kenaikan PPnBM
A A A
JAKARTA - Hadirnya Range Rover V6, 3.0 liter yang hanya berselang hitungan bulan dari V8, 5.0 liter merupakan respon atas kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) yang disahkan April lalu.

"Peluncuran V6, 3.0 liter merupakan bentuk respon kami atas kenaikan PPnBM," kata Chief Operating Officer PT. Grandauto Dinamika (GAD) selaku distributor resmi Jaguar Land Rover (JLR), Lisa Wijaya, di Sunter, Jumat (6/6/2014).

Pasalnya, penjualan Range Rover V8, 5.0 liter mengalami penurunan lebih dari 50% sejak pemerintah menetapkan kenaikan PPnBM. Lisa mengaku, banyak calon konsumen yang menunda dan membatalkan pembelian SUV tersebut, yang setelah kena imbas seharga Rp4,9 miliar.

"Setelah kenaikan, V8 menjadi Rp4,9 miliar. Sementara itu, Range Rover V6 3.0 liter yang baru diluncurkan dijual dengan harga sekitar Rp3,5 miliar," imbuh Lisa.

Pada kesempatan yang sama, Product Planning and Inventory Manager PT GAD, Rampai Surya Budhi, mengungkapkan bahwa varian 3.0 liter memang khusus didesain untuk daerah Asia Pasifik.

"Range Rover 3.0 liter dibuat khusus untuk pasar Asia Pasifik, dan tidak dijual di UK (Inggris)," jelasnya yang ditemui usai peluncuran.

Lataran spesifikasi yang dibuat untuk pasar Asia tersebut, Rampai yakin, bahwa SUV asal Inggris tersebut akan cocok dengan kondisi alam Indonesia. "Di UK V8, 5.0 dipakai di highway (tol), sementara kalau di Indonesia kapasitas tadi sangat tidak efisien," tutupnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9668 seconds (0.1#10.140)